14 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

14 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Buah Pepaya tanaman Banyak Manfaat untuk Kesehatan-DOK-raselnews.com

MANFAAT buah pepaya ternyata cukup banyak bagi kesehatan tubuh.

Buah pepaya atau dalam bahasa latin bernama carica papaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Sudah banyak penelitian para ahli tentang manfaat kesehatan dari tanaman yang tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis ini.

Mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko penyakit jantung, melindungi hati, dan indeks glikemik rendah yang baik bagi penderita diabetes.

Selain itu, manfaat untuk kesehatan pepaya juga bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya tinggi dan kalorinya pun rendah.

Buah yang memiliki daging berwarnah kuning dengan biji kecil kecil ini begitu mudah ditemukan di Indonesia dan dibeberapa Negara lainnya. Harganyapun terbilang murah.

BACA JUGA:Manfaat Tumbuhan Daun Sirih Cina atau

Di kalangan masyarakat Indonesia buah papaya memang tidak asing lagi. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat buah yang berasa manis itu untuk kesehatan tubuh.

Apasaja manfaat buah papaya untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Melancarkan pencernaan, manfaat pepaya yang cukup dikenal oleh masyarakat yakni dapat melancarkan pencernaan. Hal ini lantaran enzim papain dalam pepaya membuat protein lebih mudah dicerna.

Studi menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi pepaya selama 40 hari terbukti lebih aman dari serangan konstipasi dan kembung. Selain itu, konsumsi pepaya yang kaya akan serat dan air juga bisa mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan frekuensi BAB.

Kemudian meningkatkan kesehatan jantung. Jika dikonsumsi secara rutin juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Studi menunjukkan, buah-buahan dengan kandungan likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Sementara antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik atau HDL.

Buah papaya juga bagus untuk kesehatan kulit. Kulit wajah dan tubuh menjadi lebih kencang serta awet muda.

Aktivitas radikal bebas yang berlebihan dapat memicu munculnya kerutan, kulit kendur, dan kerusakan lain seiring pertambahan usia.
Sedangkan vitamin C dan likopen dalam pepaya terbukti melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan tersebut.

BACA JUGA:Manfaat Daun dan Buah Sirsak

Selanjutnya mencegah asma. Buah papaya mengandung beta karoten yang dapat mencegah asma. Sehingga dengan rutin mengonsumsi buah papaya dapat menurunkan risiko terkena asma.

Kandungan vitamin K dalam buah pepaya dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin K penting untuk membantu penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium sehingga bisa membuat tulang lebih kuat.

Selain itu, vitamin A terkandung dalam buah papaya dibutuhkan untuk produksi sebum yang menjaga kelembapan rambut. Sehingga mengonsumsi buah papaya ini juga diyakini dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Buah papaya juga dapat menurunkan kolesterol. Karena buah ini merupakan sumber serat, antioksi dan vitamin C.

Meskipun rasanya manis, namun buah pepaya memiliki kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah, sehingga sangat baik untuk pasien diabetes.

Kaya nutrisi phyto dan vitamin, pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes dan melindungi hati.

Vitamin C yang terkandung dalam buah papaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

Buah pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan kaya vitamin C. Sehingga juga diyakini mencegah terjadinya radang sendi atau arthritis.

Kemudian mengonsumsi buah papaya diyakini juga dapat membantu mengurangi stres. Sebab, dengan kadar vitamin C tinggi terbukti berkhasiat menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah.

Enzim dalam pepaya, yang disebut papain membantu dapat mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi.

Mencegah kanker usus dan prostat. Menurut studi yang Harvard School of Public Health, beta karoten dalam pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat. Juga, antioksidan dan flavonoid dalam pepaya mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

Manfaat terakhir buah papaya adalah membuat mata lebih sehat lantaran buah ini mengandung cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A. Sehingga, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan.







Sumber: berbagai sumber