Pemilu 2024, Pemda Seluma Siapkan Rp 4 Miliar

Pemilu 2024, Pemda Seluma Siapkan Rp 4 Miliar

Sekda Seluma H. Hadianto -DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Pemerintah Daerah Seluma sedang membahas rencana anggaran tahapan pelaksanaan pemilu 2024 untuk diusulkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Seluma tahun 2023. Dalam rancangan yang dibuat, anggaran yang diusulkan Rp4 miliar.

Anggaran yang dirancang untuk diusulkan itu baru sebatas anggaran tahapan saja. Sedangkan untuk anggaran pelaksanaan pemilu 2024 akan diusulkan lagi di APBD Seluma tahun depan.

"Ini baru usulan, berapa nanti disetujui, belum tahu," kata Sekda Seluma, H Hadianto. Setelah anggaran disepakati, barulah akan ditandatangani naskah penyerahan hibah daerah (NPHD) antara pemerintah daerah dengan KPU Seluma.

Kemudian besaran anggarannya tergantung hasil kesepakatan antara TAPD dengan DPRD Seluma.

Sementara itu, Waka II DPRD Seluma, Ulil Umidi, menambahkan, usulan anggaran untuk tahapan pemilu 2024 tersebut masih dibahas di tingkat banggar.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Butuh 6.093 Personel Badan Ad Hoc di Pemilu 2024, Berikut Rinciannya

"Anggaran yang sedang dibahas sebesar Rp4 miliar. Kami masih melihat kebutuhan anggaran dari KPU untuk pelaksnaaan tahapan di tahun 2023," imbuh Ulil.

Untuk anggaran pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024, diakui Ulil baru akan dibahas dalam APBD tahun 2024. Betcermin dari anggaran pelaksanaan pilkada periode sebelumnya, anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Yakni mencapai Rp24 miliar.

Tapi itu untuk anggaran pelaksanaan pilkada. kalau anggaran pelaksanaan pemilu presiden, tentu tidak bisa disamakan. Sehingga harus dilakukan pengkajian dan penghitungan yang matang dengan mempertimbangkan semua aspek.

"Intinya baru membahas anggaran untuk tahapan, kalau anggaran pelaksanaan akan dibahas kemudian," pungkas Ulil. (rwf)

Sumber: sekda seluma