UAS Dijadwalkan 14 Desember, Siswa Diminta Persiapkan Diri

UAS Dijadwalkan 14 Desember, Siswa Diminta Persiapkan Diri

Kepala Dinas Dikbud Bengkulu Selatan, Novianto-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil tahun akademik 2022/2023 akan dimulai 14 Desember.

Seluruh siswa diminta mempersiapkan diri karena nilai UAS semester ganjil sangat penting dan turut menyumbang kenaikan kelas para siswa.

“Kami minta semua siswa belajar dan tidak keluyuran. UAS nantinya akan dilaksanakan secara online dan offline,” ujar Kepala Dinas Dikbud BS, Novianto, S.Sos, M.Si.

Dirinya menyebut, sejak dihapuskannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), kalkulasi nilai UAS dua semester menyumbang 30 persen kelulusan siswa. Artinya, jika ada dua bahkan tiga mata pelajaran tidak bisa ditutanskan siswa, maka yang bersangkutan terancam tidak lulus sekolah.

BACA JUGA:Belum Masuk Dapodik, GTT dan PTT Diminta Melapor Ke Dikbud

“Kalau dulu nilai UAS sama sekali tidak berpengaruh bagi kelulusan. Karena di ijazah hanya melihat hasil ANBK saja. Tapi sekarang regulasinya telah berubah, siswa harus gesit belajar dari awal pendidikan hingga lulus,” katanya.

Sementara untuk hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK),  Novianto menyebut belum dapat dijadwalkan kapan pengumumannya. Hal ini lantaran hasil tersebut masih diolah Kemendikbudristek RI untuk diterbitkan dalam bentuk rekomendasi perbaikan mutu sekolah kedepannya.

“Hasil ANBK tetap ada, tapi bentuknya bukan lulus atau tidak lulus melainkan rekomendasi perbaikan mutu plus raport sekolah,” tuntasnya. (rzn)

Sumber: kepala dinas dikbud bs