BMKG Bengkulu: Waspada Bencana Hidrometerologi

BMKG Bengkulu: Waspada Bencana Hidrometerologi

BANJIR: BMKG memperingatkan masyarakat selalu waspada. Tampak pada gambar rumah warga di Kecamatan Talo, Seluma terendam banjir beberapa waktu lalu-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Badan Mitiorologi Klimatologi dan Gio Fisika (BMKG) Bengkulu mengeluarkan peringatan dini potensi curah hujan untuk tiga hari kedepan.

Adanya curah hujan ini, daerah diminta waspada menghadapi potensi bencana hidromoterologi, seperti banjir dan tanah longsor.

"Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dll, akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi yang lama,," kata Kasi data dan informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar, Rabu (9/11).

BMKG Bengkulu memprediksi potensi cura hujan dengan imtensitas lebat hingga sedang disebabkan adanya pusat tekanan rendah di samudera hindia barat Bengkulu dan utara Sumatera yang menyebabkan adanya belokan angin dan perlambatan angin melewati wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:Cuaca Ektrem, Waspada Banjir, dan Longsor

Serta adanya suplai uap air dari Samudera Hindia ke wilayah Sumatera bagian barat yang signifikan.

Kemudian adanya kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas, dan juga adanya labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer Bengkulu, sehingga dapat menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu.

"Potensi hujan disebagian wilayah Bengkulu," katanya. Anang juga menyenmbut, sampai akhir bulan ini potensi hujan masih ada.

Karena untuk wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan, "kalau untuk Bengkulu sendiri di bulan November hujan masih dalam intensitas menengah hingga lebat-sangat lebat," pungkasnya. (cia)

Sumber: kasi data dan informasi bmkg bengkulu