Tanah Longsor dan Banjir di Kaur: Desa Diminta Siaga Bencana

Tanah Longsor dan Banjir di Kaur: Desa Diminta Siaga Bencana

Bupati Kaur bersama rombongan memantau dampak banjir di Kecamatan Tetap beberapa waktu lalu-Julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Kondisi cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir membuat sejumlah titik jalan di wilayah Kabupaten Kaur rawan banjir dan longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaur Jon Harimol, S.Sos, M.Si meminta semua pihak siap siaga bencana yang dapat melanda.

BACA JUGA:Jalan Lintas Bengkulu Selatan-Seluma Ambles, Akses Cinto Mandi-Telaga Dalam Putus

“Potensi hujan yang tinggi ini berpeluang menimbulkan bencana alam. Saya minta semua pihak selalu siaga. Termasuk mengaktifkan kembali desa tanggap bencana,” tegas Jon Harimol.

Dalam mencegah bencana tanah longsor yang kerap menimpa wilayah Kaur, Jon mengaku telah menyiagakan alat berat di daerah rawan longsor.

Antaranya di kawasan Tanjung Iman dan Kecamatan Maje. Upaya itu dilakukan untuk mempercepat langkah penanganan seandainya terjadi tanah longsor.

BACA JUGA:Dua Hari Bengkulu Diguyur Hujan, Sekolah dan Pemukiman Terendam

“Kaur ini hampir semua wilayah rawan longsor dan banjir. Untuk wilayah yang sering terjadi longsor seperti wilayah Tanjung Iman Kecamatan Kaur Tengah, alat berat siaga di sana karena potensi bencana relatif cukup tinggi,” akunya.

Pengalaman sebelumnya jika terjadi longsor selalu kesulitan untuk mengevakuasi material karena belum ada alat berat.

Selain itu, antisipasi juga potensi pohon tumbang karena hujan saat ini kerap disertai angin kencang.

BACA JUGA:Ibu di Kaur Melahirkan di Jalan, 2 Jam Kemudian Bayi Meninggal Dunia

Jon mengimbau pengelola dan pelaku usaha jasa wisata juga meningkatkan kewaspadaan pada puncak musim hujan tahun ini, terutama destinasi yang rawan bencana.

"Pada musim hujan ini kondisi cuaca bisa sangat ekstrem. Seperti hujan deras dan angin kencang yang datang tiba-tiba,” demikian Jon. (jul)

Sumber: