Bengkulu Miliki Potensi Energi Terbarukan 7.297 Megawatt

Bengkulu Miliki Potensi Energi Terbarukan 7.297 Megawatt

Ilustrasi potensi energi terbarukan-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Yayasan Kanopi Bengkulu menyebut Pulau Sumatera memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah.

Berdasarkan data Kementrian ESDM, Provinsi Bengkulu memiliki 7.297 Megawatt energi terbarukan.  Namun yang baru dimanfaatkan saat ini hanya 259 Megawatt.

Direktur Kanopi Bengkulu, Ali Akbar mengatakan, potensi energi terbarukan di Sumatera Selatan justru jauh lebih besar mencapai 21.888 MW. "Potensi energi terbarukan itu berasal dari matahari, angin, dan air," kata Ali, Rabu (23/11).

BACA JUGA:Inovasi Booster Bio Energi akan Diterapkan di Bengkulu Selatan

Untuk itu, Ali meminta masyarakat mendukung upaya pemerintah pusat dalam mempercepat peralihan ke energi bersih. Peralihan energi bahan bakar fosil seperti batu bara sangat menyengsarakan masyarakat.

Di Bengkulu baru-baru ini, 39 orang warga Kelurahan Teluk Sepang yang hidup dekat dengan PLTU Bengkulu di dera penyakit kulit yang sulit sembuh.

Saat uji coba PLTU akhir tahun 2019, sebanyak 28 ekor penyu yang merupakan spesies dilindungi ditemukan mati dan bangkainya terdampar di Pantai Teluk Sepang.

Jejaring Sumatera Terang untuk Energi Bersih, gabungan 18 lembaga non-pemerintah di Pulau Sumatera sejak 2018 telah menekan pemerintah untuk menghentikan proyek-proyek PLTU batu bara.

"Penghentiaan proyek PLTU untuk menghentikan krisis iklim dan menghentikan derita rakyat," pungkasnya. (cia)

Sumber: direktur kanopi bengkulu