Antisipasi Gangguan, PLN Periksa Kabel Tegangan Tinggi

 Antisipasi Gangguan, PLN Periksa Kabel Tegangan Tinggi

PERIKSA : Petugas PLN ULP Manna memeriksa kabel tegangan tinggi yang rentan rusak karena korsleting.-Rezan Oktawesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Petugas PT. PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) gencar memeriksa dan memperbaiki kabel tegangan tinggi.

Hal ini sebagai bentuk antisipasi gangguan listrik warga akibat kerusakan kabel ataupun korsleting.
Adapun titik pemeriksaan kabel tegangan tinggi meliputi semua wilayah kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Satu per satu trafo dan tiang yang bagian kabelnya sudah rawan rusak diganti dan diperbaiki. Selama perbaikan ini, PLN ULP Manna terpaksa memutuskan sementara aliran listrik demi keselamatan petugas.

BACA JUGA:Trafo PLN Terbakar, Ratusan Listrik Pelanggan Terputus

“Perbaikan ini dilakukan serentak di semua wilayah Bengkulu Selatan. Perbaikan dan pengecekan berkala ini untuk menunjang layanan listrik masyarakat yang stabil dan tanpa gangguan,” ujar Manager PT. PLN ULP Manna, Dedi Mulyadi.

Dijelaskannya, dari pengecekan sementara petugas di lapangan. Memang banyak ditemukan bagian kabel ataupun jaringan listrik yang rentan rusak. Hal ini sebagain besar karena faktor alam, mulai dari pengaruh ranting pohon, pengaruh hujan hingga petir.

BACA JUGA:PT PLN Batalkan Program Kompor Listrik

“Khusus jaringan yang terganggu oleh tanaman liar, kami lakukan tebas bayang. Begitupun untuk jaringan yang memang sudah terganggu, langsung kami ganti dengan kabel baru,” beber Dedi.

Tak hanya jaringan tegangan tinggi yang berada di pinggir jalan raya. Namun petugas PLN juga melakukan pengecekan jaringan listrik dialirkan ke rumah warga. Seperti kondisi kabel, kondisi meteran hingga stabilitas daya listrik.

“Kalau masyarakat mengalami gangguan listrik, secepatnya kabari kami. Sehingga petugas cepat melakukan perbaikan,” tuntas Dedi. (rzn)

Sumber: manager pt. pln ulp manna