Majukan Bumdes, Pemerintah Desa Dituntut Kreatif

Majukan Bumdes, Pemerintah Desa Dituntut Kreatif

Camat Pino Raya, Sulaiman Effendi-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemerintah desa (pemdes) diminta kreatif untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes merupakan cikal bakal kemandirian ekonomi desa yang berkelanjutan. Untuk menciptakan BUMDes yang maju, Pemdes harus bisa melihat potensi usaha yang akan dikelola sehingga bisa menghasilkan pemasukan bagi kas desa.

Camat Pino Raya Sulaiman Efindi mengaku selama ini Pemdes di Kecamatan Pino Raya masih belum maksimal dalam mengelola BUMDes.

BACA JUGA:BUMDes Manggul dan Tanjung Besar Terindikasi Merugikan Negara

Ini terlihat dari usaha yang dikelola BUMDes mayoritas sama atau sejenis. Contohnya, usaha tenda dan usaha Koperasi Unit Desa (KUDes).

“Padahal potensi BUMDes ini sangatlah besar. Dari BUMDes bisa mengurangi angka pengangguran di desa. Kemudian, dari BUMDes juga bisa menghasilkan pendapatan sehingga muaranya meningkatkan ekonomi warga,” ujarnya.

Menurut Sulaiman, sebelum desa memutuskan membuka suatu usaha yang dianungi oleh BUMDes. Terlebih dahulu harus menentukan siapa pengelola yang handal dibidang usaha tersebut. Hal ini agar usaha yang dibentuk tidak jalan ditempat atau terkesan lambat berkembang.

BACA JUGA:Baru 15 BUMDes di Kaur Terdaftar di Kemendes PDTT

“Sekarang banyak sekali contoh desa yang sudah maju mengelola BUMDesnya. Maka itu, Pemdes kami harap bisa meniru potensi tersebut untuk bisa dikembangkan,” bebernya.

Di sisi lain, Sulaiman juga berharap desa lebih kuat dalam mengelola sumber daya alam (SDA) yang tersedia di wilayahnya masing-masing. Entah itu SDA berupa wisata alam, perairan maupun lahan subur yang belum terkelola.

“Setiap desa pasti ada potensinya masing-masing, kalau potensi ini bisa dimunculkan. Bukan tidak mungkin kehidupan warga lebih sejahtera dan desa lebih maju,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: camat pino raya