Pemkab Kaur Lirik Penemuan Ladang Minyak di Bukit Raje Mandare

Pemkab Kaur Lirik Penemuan Ladang Minyak di Bukit Raje Mandare

Warga Kaur mengambil sampel temuan ladang minyak di Kecamatan Padang Guci Hulu pada bulan Desember tahun 2022-dok-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Penemuan ladang yang diduga mengandung minyak mentah di dekat kawasan hutan lindung Bukit Raje Mandare oleh 3 warga Desa Bungin Tambung II, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, mulai dilirik beberapa pihak.

Salah satunya Pemkab Kaur sendiri. Asisten I Setkab Kaur, Drs Sinaruddin menegaskan, jika benar informasi penemuan itu, tentunya menjadi potensi besar bagi Kabupaten Kaur kedepannya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Warga Kaur Temukan Ladang Minyak di Hutan Bukit Raje Mandare

Hanya saja, untuk membuktikan hal itu, tentu akan dilakukan penelitian. Sampel minyak mentah akan dibawa ke laboraturium.

"Ini potensi daerah, tentu hal ini akan kami sikapi secepatnya. Akan kami komunikasikan kepada kades setempat," ungkap Sinaruddin.

Terpisah, Kades Bungin Tambun II Kecamatan Padang Guci Hulu, Sirpianto mengaku rekaman video tiga warga yang mendapatkan lokasi yang diduga mengandung minyak mentah di Hutan Bukit Raje Mandare benar adanya.

BACA JUGA:Angka Perceraian dan Kawin Muda di Bengkulu Selatan Meningkat Signifikan

Ketiga warga itu menurut Sirpianto memang sering keluar masuk ke hutan untuk mencari nafkah.

"Iya ketiganya warga kami. Harapan kami Pemkab Kaur atau instansi terkait secepatnya dapat melakukan pengecekan. Bila perlu lakukan ujicoba. Bila memang ini ladang minyak, tentu akan membawa dampak positif dan juga bisa membuka lapangan pekerjaan," tutur Sirpianto.

Diketahui, tiga warga Desa Bungin Tambun II Kecamatan Padang Guci Hulu (Pagulu) Kaur menemukan ladang minyak mentah di kawasan hutan.

BACA JUGA:Update!!! Kalender Pendidikan Tahun 2022-2023: Lengkap Jadwal Libur

Penemuan ladang minyak itu berada di dekat kawasan Hutan Lindung (HL) Bukit Raje Mandare, saat ketiganya sedang keliling mencari damar dan rotan di kawasan itu.

Penemuan itu sempat diabadikan Widian Sutradoyo alias Widi (45) bersama dua rekannya, Rinto Harahap dan Disus dalam rekaman video berdurasi 2.23 detik.

Dihubungi Raselnews.com, Widi mengakui yang merekam video tersebut bersama dua rekannya.

BACA JUGA:Cara Cek Passing Grade SMP SMA/SMK Negeri 16 Provinsi

"Iya saya yang merekam dengan dua teman. Kami sedang ke hutan mencari hasil hutan dan menemukan ladang minyak, lokasinya tidak jauh dari Desa Bungin Tambun II," ujar Widi.

Dia menuturkan, lokasi itu bukan hanya terdapat satu genangan saja. Namun juga ada beberapa titik dengan kemiripan yang sama.

Selain air yang berminyak, juga terlihat air yang mengelembung dari tanah. Widi percaya lokasi itu tidak masuk dalam kawasan Hutan Lindung Raje Mandara atau Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

BACA JUGA:Soal UMP, Perusahaan di Kaur Wajib Patuhi SK Gubernur

"Dekat dengan dusun, kalau ada yang minta tunjukkan kita siap," tegas Widi.

Dia mengaku mengambil sampel, bersama dua temannya juga sempat melakukan uji coba.

Saat diuji secara manual, terlihat api ketika minyak tersebut disulut. Ia juga membawa satu botol sampel dari lokasi yang ditemukannya, dan disimpan di rumah.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Amankan Dua Terduga Pengedar Ganja

"Kalau mau melihat boleh, atau mau melakukan uji coba juga tak masalah. Harapan kami, kalau memang ini nanti bermanfaat, kami berharap yang menemukan dapat dilibatkan dalam pengolahannya," pungkas Widi. (jul)

Sumber: