Korban Banjir di Bengkulu Selatan Dibantu Belasan Ton Beras

Korban Banjir di Bengkulu Selatan Dibantu Belasan Ton Beras

SALURKAN : Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bengkulu Selatan menyalurkan belasan ton beras kepada warga terdampak bencana banjir, Senin (5/12). Tampak bupati menyerahkan beras secara simbolis kepada Camat Pino Raya-Rezan Oktawesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) kembali menyalurkan belasan ton bantuan beras untuk korban bencana alam banjir di 11 kecamatan.

Bantuan ini diberikan secara simbolis kepada penerima yang diwakili Camat Pino Raya, Sulaiman Efindi, M.Si pada kegiatan Bupati Injiak Ngantor di Dusun yang dilaksanakan di Desa Nanjungan Kecamatan Pino Raya kemarin (5/12).

Rincian penerima bantuan yakni Kecamatan Kedurang Ilir sebanyak 178 jiwa dengan total beras bantuan sebanyak 712 kilogram, Kecamatan Kedurang sebanyak 170 jiwa dan beras 680 kilogram, Kecamatan Pasar Manna sebanyak 110 jiwa dan beras 440 kilogram, Kecamatan Kota Manna sebanyak 143 jiwa dan beras 572 kilogram.

BACA JUGA:BMKG Petakan Potensi Banjir di Bengkulu

Selanjutnya Kecamatan Manna sebanyak 680 jiwa penerima dan beras 2770 kilogram, Kecamatan Pino sebanyak 424 jiwa dan beras 1696 kilogram, Kecamatan Pino Raya sebanyak 618 jiwa dan beras 2472 kilogram, Kecamatan Ulu Manna sebanyak 74 jiwa dan beras 296 kilogram.

Kemudian Kecamatan Air Nipis sebanyak 180 jiwa penerima dan beras 720 kilogram, Kecamatan Bungas Mas sebanyak 65 jiwa dan beras 260 kilogram serta Kecamatan Seginim sebanyak 170 kilogram dan beras 680 kilogram.

“Total warga terdampak bencana banjir mencapai 2812 jiwa dan telah kami berikan bantuan sebanyak 11.812 ton beras premium. Bantuan ini merupakan kali kedua sejak bencana banjir awal tahun lalu,” ujar Kepala DKP BS, Ir. Iskandar AZ kepada Rasel kemarin (5/12).

BACA JUGA:9 Kecamatan di Bengkulu Selatan Siaga Banjir

Dijelaskan Iskandar pihaknya sengaja memilih beras premium untuk disalurkan kepada warga terdampak bencana agar kedepan kualitas pangan masyarakat lebih terjamin. Tak hanya itu, dengan bantuan beras premium diharapkan meningkatkan kualitas gizi masyarakat.

“Kalau ditotal jumlah penyaluran bantuan bencana tahun ini memang meningkat dari tahun ini. Ini karena kejadian bencana tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya,” bebernya.

BACA JUGA:Waspada, Kaur Masih Rawan Banjir dan Tanah Longsor

Untuk itu, pihakya  berharap jika kedepan ada warga yang terdampak bencana alam terutama banjir dan kerusakan lahan pertanian agar segera melapor ke DKP BS. Sehingga DKP bisa langsung menindaklanjuti melalui penyaluran bantuan pangan dan kebutuhan lainnya.

“Khusus untuk warga terdampak bencana, memang telah kami programkan dalam pemberian bantuan. Mudah-mudahan program ini menjadi solusi utama dalam meringankan beban masyarakat,” demikian Iskandar. (rzn)

Sumber: bupati bengkulu selatan