Waspada, Kaur Masih Rawan Banjir dan Tanah Longsor

Waspada, Kaur Masih Rawan Banjir dan Tanah Longsor

PANTAU : Bupati kaur memantau longsor yang menimbun jalan di kawasan Senuling Padang Guci tadi malam (12/10)-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Bupati Kaur H Lismidianto SH, MH mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dengan kondisi cuaca tak menentu belakangan ini. Bencana banjir dan tanah longsor bisa kapan saja terjadi karena curah hujan makin tinggi.

Rabu 12 Oktober sekitar pukul 20.10 WIB ruas jalan di kawasan Senuling tertimbun longsor. Akibatnya arus lalu lintas menuju Kecamatan Padang Guci Hilir dan Kecamatan Padang Guci Hulu lumpuh.

“Kondisi ini bisa saja terjadi di daerah lain. Makanya kami imbau kepada masyarakat agar selalu waspada,” kata Bupati.

Untuk material longsor yang menimbun badan jalan di kawasan Senuling sudah dibersihkan petugas BPBD, Dinas PU PR, bersama TNI, Polri dibantu masyarakat. Arus lalu lintas dari kedua arah sudah lancar kembali.

BACA JUGA:BREAKING NEWS : Senuling Longsor Padang Guci Lumpuh

Pagi ini pantauan Raselnews.com, mendung tebal disertai hujan intensitas sedang masih mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Kaur sejak pukul 08.00 WIB. Berdasarkan data situs resmi BMKG pagi ini hujan dengan intensitas sedang terjadi di hampir seluruh wilayah Kabupaten Kaur. Kelembaban mencapai 90%. Sementara kecepatan angin di daratan mencapai 10km/jam bertiup dari timur laut.

Sedangkan cuaca maritim di Kabupaten Kaur tercatat tidak ada kenaikan gelombang. Ketinggian gelombang 0,5 meter hingga 1,25 meter dengan kecepatan angin 2-6 knots angin bertiup dari timur laut. Kondisi ini masih masuk kategori aman bagi para nelayan untuk melaut.

Namun Danpos AL Linau Letda Laut (P) M Adjid Mudjianto tetap mengimbau para nelayan untuk waspada. "Tetap komunikasi dengan nelayan lain, jangan sampai hilang kontak , meski gelombang nomral namun bisa saja sewaktu waktu berubah," ujarnya. (jul)

Sumber: bupati kaur