Seleksi Tertulis Calon PPK di Bengkulu Selatan, Nilai Diumumkan Diambil 15 Per Kecamatan

Seleksi Tertulis Calon PPK di Bengkulu Selatan, Nilai Diumumkan Diambil 15 Per Kecamatan

CAT: Calon anggota PPK Bengkulu Selatan saat mengikuti tes tertulis berbasis CAT di SMAN 2 , Selasa (6/12/2022)-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Pelaksanaan tes tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Bengkulu Selatan, kemarin (6/12) di SMAN 2 BS dan SMKN 1 BS, berjalan lancar.

Total ada 503 peserta dari 11 kecamatan yang berhak mengikut tes tertulis secara computer assisted test (CAT) ini. Hanya saja, belum diketahui berapa jumlah peserta yang tidak hadir.

“Yang pasti ada yang tidak hadir. Tapi belum kami rekap. Sebab, sekarang ini masih berlangsung. Tinggal peserta sesi keempat atau terakhir,” ujar anggota KPU BS, Asprian Toni kepada Raselnews.com.

BACA JUGA:Dewan Harapkan Seleksi PPK Pemilu 2024 Transparan, Jangan Ada Kepentingan

Asprian Toni menyebut, peserta diberi waktu 90 menit. Meski hanya 75 soal, namun nilai maksimal diberikan 150. Soal-soal tersebut dibagi 3 kategori dengan nilai berbeda-beda. “Setiap soal itu ada poinnya masing-masing. Ada soal yang bernilai tiga, dua dan satu. Jadi, kalau dimaksimal total 150,” sebutnya.

Terpisah, Ketua KPU BS, Alpin Samsen menambahkan, soal yang diujikan terbagi ke dalam 20 soal uji pemahaman kebangsaan, 20 soal kompetensi dasar serta 35 pengetahuan kepemiluan. Dari seleksi ini, KPU BS akan mengambil tiga kali kebutuhan PPK untuk kemudian mengikuti tes wawancara.

BACA JUGA:Gaji Naik, PPK Juga Bakal Terima Santunan

“Dari tes tertulis, per kecamatan diambil 15 orang atau tiga kali kebutuhan. Penentuannya, tentu berdasarkan nilai perankingan. Jika terjadi perolahan nilai yang sama di rangking 15, artinya 16 orang yang diambil dari seleksi tertulis ini,” jelas Alpin.

Sebagai bentuk transparansi, Alpin mengaku pihaknya langsung mengumumkan perolehan nilai masing-masing peserta setiap sesinya. Pengumuman itu ditempelkan di ruang ujian masing-masing peserta.

“Nilai yang diperoleh langsung keluar. Setelah selesai, direkap, lalu diumumkan. Tapi nanti ada lagi pengumuman dalam bentuk BA (berita acara) dari KPU,” pungkas Alpin.

BACA JUGA:404 Calon PPK Seluma Ikuti Tes Tertulis, Ini Lokasinya

Diketahui dari Pengumuman KPU Nomor 314 tertanggal 2 Desember 2022, total ada 503 berkas calon anggota PPK di BS dinyatakan lengkap. Terdiri dari 257 laki-laki dan 246 perempuan. Rinciannya Kecamatan Kota Manna 78 orang, Pasar Manna 51, Manna 58, Ulu Manna 36, Pino Raya 60, Pino 37, Seginim 45, Bunga Mas 33, Air Nipis 35, Kedurang 39, dan Kecamatan Kedurang Ilir 31 orang.

Bila melihat dari kebutuhan, artinya ada 338 yang dipastikan tersingkir dari tes tertulis. Hanya 165 pserta yang bisa melaju seleksi tahap akhir yakni wawancara yang akan dilaksanakan pada 11-13 Desember 2022. Dari wawancara, akan diambil 5 anggota PPK terpilih setiap kecamatan. (and)

Sumber: ketua kpu bengkulu selatan