Bupati Bengkulu Selatan Serahkan Hasil Pembangunan Baru RTLH, 38 Rumah Akhirnya Bisa Ditempati

Bupati Bengkulu Selatan Serahkan Hasil Pembangunan Baru RTLH, 38 Rumah Akhirnya Bisa Ditempati

Bupati Bengkulu Selatan menyerahkan duplikat kuci kepada penerima program pembangunan baru RTLH, Rabu (7/12/2022)-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, Rabu (7/12/2022) secara resmi menyerahkan 38 unit rumah layak huni (RLH) hasil pembangunan baru, dalam program yang dilakukan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Bengkulu Selatan di tahun 2022.

Penyerahan dilakukan secara simbolis dalam bentuk duplikat kunci rumah yang diserahkan kepada kepada Yeta Seprita Sari, salah seorang penerima manfaat, warga Gang Manau Riang RT 03 Kelurahan Kayu Kunyit Kecamatan Manna.

Penyerahan kunci didampingi Wabup BS, H Rifai Tajuddin, Kepala Disperkim Silustero, Kapolsek Manna Iptu Yevi, Danramil 05/048 Manna Kapten Edi Setiawan, dan Pimpinan BSI BS Deki Hadiwibawa. Turut hadir Camat Manna Turman, Kabid Perumahan Marjoni Adinata, Lurah Kayu Kunyit Ozi dan Kades Kota Padang Lipyansyaharjoni, serta warga penerima.

Kepala Disperkim BS, Silustero dalam acara menyebut, total ada 38 unit rumah yang dibangun. Semuanya berada di Kecamatan Manna. 23 unit diterima warga Desa Kota Padang, dan 15 unit untuk warga Kelurahan Kayu Kunyit.

Program ini tegas Silustero merupakan pertama kali dilaksanakan. Selama ini hanya dalam bentuk perehaban atau peningkatan kualitas bangunan.

Tapi kali ini, dalam bentuk pembangunan baru. Hanya saja, bantuan ini sama-sama bertujuan sebagai perangsang. Swadaya penerima menjadi syarat agar rumah yang diimpinkan bisa berdiri dan ditempati.

Setiap rumah lanjut Silustero mendapatkan bantuan Rp35 juta. Dana inilah sebagai perangsang. Anggaran itu bersumber dari DAK Rp20 juta dan DAU Rp15 juta.

"Program ini bisa terlaksana tentu atas peran Bupati Bengkulu Selatan yang selama ini bolak-balik ke kementerian dan bersedia mengucurkan DAU sebagai dana pendampingnya," tegas Silustero.

Sementara Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi berharap warga penerima bisa nyaman dengan rumah yang telah dibangun.

Bupati juga berharap, penerima bisa terus meningkatkan kualitas rumah agar bangunan yang telah dibangun semakin nyaman ditempati. "Tetap harus disyukuri apa yang telah didapat dan semoga adik sanak yang dapat bisa nyaman dan lebih tenang di rumah yang baru,” tutur Gusnan.

Sementara itu, Kades Kota Padang, Lipyansyaharjoni mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Disperkim yang telah memberikan program tersebut kepada warganya.

Dengan program ini, 23 kepala keluarga di desanya akhirnya bisa memiliki rumah. "Pastinya terima kasih. Apalagi, ini pertama kali desa kami mendapatkan program seperti ini," ungkap Lipyansyaharjoni kepada Raselnews.com di sela-sela acara. (**)


Berikut Launcing dan Proses Pembangunan Baru RTLH di Desa Kota Padang dan Kelurahan Kayu Kunyit:

Gusnan Mulyadi menyerahkan duplikat kunci kepada penerima program

Kepala Disperkim dan Kabid Perumahan & pegawai berfoto bersama

Bupati Bengkulu Selatan memberikan arahan


Kepala Disperkim BS, Silustero menjelaskan terkait program RTLH


Warga penerima program RTLH yang hadir dalam acara


Kepala Disperkim BS saat sosialisasi di Desa Kota Padang


Sosialisasi program RTLH di Kelurahan Kayu Kunyit


Kabid Perumahan, Marjoni Adinata saat mengecek pembangunan RTLH

 

 

 

Sumber: