Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan, Bersinergi Entaskan Kemiskinan

Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan, Bersinergi Entaskan Kemiskinan

Ilustrasi grafik angka kemiskinan-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pembangunan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Bengkulu Selatan meminta semua pihak termasuk Organisasi Perangkat Daerah bersinergi dalam mengentaskan kemiskinan.

Bappeda-Litbang gencar menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempunyai tupoksi dalam mengentaskan kemiskinan di Bengkulu Selatan.

FGD ini bertujuan untuk membahas sistem informasi penanggulangan kemiskinan terpadu dan terintegrasi.

BACA JUGA:Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Seluma Hampir Tuntas

“Pengentasan kemiskinan memang menjadi prioritas Pemkab Bengkulu Selatan. Salah satunya dengan melakukan terobosan program bantuan jamkesda hingga bantuan pendidikan untuk keluarga kurang mampu. Kami harap, dengan sinergitas antar OPD, kedepan angka kemiskinan dapat ditekan,” ujar Kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan, Fikri Aljauhari, S.STP, M.M.

Kedepan setiap OPD yang mempunyai tupoksi langsung dalam pengentasan kemiskinan harus lebih berkontribusi dan berperan dalam angka kemiskinan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Jika ada hambatan, maka harus cepat memberi kabar sehingga program yang ditarget dapat berjalan dengan maksimal.

“Karena memang permasalahan kemiskinan adalah sebuah hal yang kompleks, makanya dengan fokus bekerjasama kami yakin kendala ini dapat diatasi,” kata kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Ini Upaya Gubernur Bengkulu Entaskan Kemiskinan

Tak hanya OPD, ia juga ikut mengajak Pemerintah Desa (Pemdes) untuk ikut andil dalam program pengentasan kemiskinan. Desa bisa berperan dalam menyediakan data maupun gambaran awal kondisi perekonomian masyarakat.

“Kalau dari tingkat Kabupaten sampai ke desa sudah satu arah, kami yakin beberapa tahun kedepan angka kemiskinan akan menurun drastis,” demikian Fikri. (rzn)

Sumber: kepala bappeda-litbang bengkulu selatan