Jelang pemilu 2024, Pencairan Bantuan Keuangan Partai Politik Dipercepat, Ini Tujuannya

Jelang pemilu 2024, Pencairan Bantuan Keuangan Partai Politik Dipercepat, Ini Tujuannya

Kepala Badan Kesbangpol Bengkulu Selatan, Arjo Arifin-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pencairan bantuan keuangan partai politik atau yang lazim disebut dana banpol untuk partai yang memiliki kursi di DPR dan DPRD tahun ini akan dipercepat.

Langkah ini sesuai surat Kementerian Dalam Negeri yang disampaikan ke seluruh pemerintah darah terkait acuan penyaluran bantuan keuangan partai politik tahun 2023 dalam rangka menghadapi pemilu 2024.

BACA JUGA:Makan Mie Ayam, Handphone Manajer SPBU Kutau 'Kunam'

BACA JUGA:Penipuan Modus Iming-iming Lulus Tes TNI-AD di Kaur: 3 Kali Transfer, Terakhir Rp150 Juta

Sehingga partai politik bisa secepatnya melaksanakan pendidikan dan pelatihan kader menjelang pemilu 2024.

Kepala Badan Kesbangpol Bengkulu Selatan, Arjo Aripin, SE, MM mengatakan, surat Menteri Dalam Negeri terbaru tentang pedoman penggunaan bantuan keuangan partai politik sudah diterima daerah.

“Pencairan bantuan dana partai politik tahun ini akan lebih cepat dibanding tahun sebelumnya, pertimbangannya karena persiapan pemilu 2024," kata Arjo.

"Kami sudah menerima pemberitahuan dari Menteri Dalam Negeri terkait hal itu. Bulan Februari ini partai penerima banpol wajib memasukan proposal, sekitar bulan Maret sudah diproses pencairannya,” tambah Arjo.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Iming-iming Lulus Tes TNI-AD, Warga Mukomuko Dibekuk Polres Kaur

BACA JUGA:Mama Muda Jual Samcodin Dilimpahkan ke Jaksa

Biasanya dana banpol akan dicairkan pertengahan tahun. Namun ditahun ini ada kebijakan khusus.

Salah satu pertimbangannya karena ditahun 2023 ini sudah memasuki tahun politik, kegiatan partai akan lebih banyak dan perlu dilaksanakan dengan cepat menjelang pemilu 2024.

“Kalau nanti banpol sudah cair, partai bisa segera melaksanakan kegiatan seperti pendidikan politik secepatnya. Soalnya kalau sudah lewat pertengahan tahun ini mungkin akan fokus dengan pematangan persiapan pemilu 2024,” ujar Arjo.

BACA JUGA:Belasan Peserta Didik Bakal Ujian di Rutan Manna

Sumber: kepala kesbangpol bengkulu selatan