Pengisian Jabatan Kosong, Prioritaskan SDM yang Ada

Pengisian Jabatan Kosong, Prioritaskan SDM yang Ada

Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip M.Si-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Banyaknya posisi jabatan yang kosong di setiap OPD lingkungan Pemkab BENGKULU SELATAN (BS), masih diduduki seorang pelaksana tugas (Plt).

Pemkab BS belum berencana melakukan pengisian jabatan definitif.

Sekda BS, Sukarni M.Si mengaku jabatan yang kosong akan diisi setelah menerima instruksi Bupati.

Apalagi sumber daya manusia (SDM) yang dianggap mumpuni cukup tersedia. Namun proses pengisian jabatan harus memenuhi tahapan.

“Untuk posisi jabatan kosong tetap akan diisi. SDM yang ada mencukupi untuk mengisi kekosongan jabatan. Tapi posisi jabatan di Dinas Pendapatan Daerah harus menunggu revisi Perda RPJMD,” ujar Sukarni.

Disampaikan Sukarni, pasca pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama (PTP) akhir 2022 lalu, banyak pejabat eselon III yang menerima promosi sehingga jabatan sebelumnya menjadi kosong.

Mulai dari Kabag, sekretaris dinas maupun Kabid.

Beberapa posisi jabatan eselon III yang kosong di antaranya Kabag Ortala Setkab BS, Kabag Pembangunan Setkab BS, Kabag Umum Setkab BS, Kabag Perundang-undangan DPRD BS.

Kemudian, Sekretaris Dinas Kesehatan, Sekretaris Inspaktorat, Sekretaris Bappeda-Litbang, Sekretaris Disperkim, Sekretaris Dinas Pertanian dan beberapa Kabid di OPD.

“Beberapa posisi jabatan eselon III yang kini kosong masih dijabat pelaksana tugas, diupayakan sesegera mungkin diisi dengan pejabat definitif. Apalagi Plt tugas kewenangan dan masa jabatannya terbatas,” tegas Sekda.

Selain mendapat promosi, ada beberapa jabatan eselon III dan IV yang kosong ditinggal pejabat sebelumnya pensiun.

“Tetap akan diisi dengan melakukan mutasi dan rotasi serta evaluasi jabatan, tetapi ini butuh proses dan waktu,” terang Sukarni. (**)

Sumber: