Pemprov Bengkulu Siapkan Rp10 Miliar untuk Pelaksanaan Haji

Pemprov Bengkulu Siapkan Rp10 Miliar untuk Pelaksanaan Haji

Ilustrasi haji-istimewa-disway.id

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Pemerintah Provinsi BENGKULU menganggarkan Rp10 miliar untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Dana tersebut digunakan untuk persiapan pemberangkatan jamaah calon haji Bengkulu, termasuk sewa pesawat dari embarkasi Bengkulu hingga ke Padang, Sumatera Barat.

BACA JUGA:10 Peserta Bersaing Jadi Pendamping Haji

Karena bandara Bengkulu belum menajdi embarkasi penuh.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesera (Pemkesra) Provinsi Bengkulu, Syarifuddin mengatakan, anggaran untuk sewa pesawat Rp6 miliar, sisanya untuk kebutuhan CJH selama melaksanaakn ibadah.

BACA JUGA:Alhamdulillah Tak Ada Lagi Pembatasan Usia untuk Haji 2023, Lansia 60 Tahun Lebih Bisa Berangkat

Syarifuddin mengatakan, kuota calon jemaah haji (CJH) Bengkulu tahun 2023 sebanyak 1.636 orang.

Kuota haji ini sama seperti tahun 2029 sebelum pandemi Covid – 19 terjadi.  Kepastian jumlah kuota haji Bengkulu ini telah diterima dari Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Dorong Embarkasi Haji Naik Kelas

"Hari ini (Senin, 6/2/2023)kami sudah dapat kepastiannya bahwa kuota haji kembali normal, sama seperti tahun 20219 lalu," kata Syarifuddin.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat ini  akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama RI terkait Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD).

BACA JUGA:Umrah dan Haji 2023 Dipermudah, Syarat Mahram Jemaah Haji Perempuan Dihapus

Di mana, secara teknis TPHD akan mempertimbangkan SK sebelumnya. Sementara terkait biaya ahji, masih menunggu petunjuk teknis. "Sejauh ini belum ada petunjuk teknisnya," pungkasnya. (**)

Sumber: