Tahun Ini, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Hanya Dapat DAK Tematik, Nih Kegiatannya

Tahun Ini, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Hanya Dapat DAK Tematik, Nih Kegiatannya

Salah satu kegiatan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan berupa pembangunan embung yang bermanfaat bagi pengairan sawah-dokumen-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Tahun Ini, Dinas Pertanian BENGKULU SELATAN (BS) hanya mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) tematik.

Sementara DAK reguler batal diterima lantaran terkendala Perda LP2B atau Lahan Pangan Berkelanjutan yang baru disahkan oleh DPRD Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:8 Dokter RSUD Kaur Mundur Karena Honor Tak Sesuai Beban Kerja

"Ya, di tahun 2023, DAK reguler tidak dapat. Hanya ada DAK tematik, dan pokir 25 anggota dewan," ujar Kasubag Perencanaan Dinas Pertanian BS, Andre Novianto.

Total DAK tematik yang diterima Dinas Pertanian sebesar Rp6,2 miliar. Anggaran ini untuk 3 kegiatan.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: 8 Dokter RSUD Kaur Mendadak Mundur

Yakni RJIT rehabiltasi jaringan irigasi tersier di 6 titik. Kemudian pembangunan embang di 4 lokasi, dan pembangunan jalan usaha tani (JUT) di 21 titik.

Pembangunan ini sebut Andre dilaksanakan secara swakelola.

BACA JUGA:Gubernur Pastikan Jaringan Listrik Bengkulu Maksimal

"Di DAK Tematik ini, Kami, Dinas Pertanian hanya tahu saja. Tidak terlibat dalamnya. Sistemnya swakelola. Artinya dikerjakan mereka yang menerima program itu," jelas Andre. 

Selain DAK tematik, ada juga kegiatan dari dana pokir 25 dewan. Yakni jalan sentra produksi (JSP) dan pengadaan itik berupa bibit.

BACA JUGA:BNI dan Bank Bengkulu Buka Program Magang ke Jerman untuk Lulusan SMA Sederajat, Cek Syaratnya

"Ya hanya itu saja kegiatan tahun ini. Tidak ada yang lain. Penyebabnya, ya karena DAK regelur tidak kita terima," pungkas Andre.

Belum adanya Perda LP2B menjadi penyebabnya. Kementan baru akan mengucurkan DAK Reguler jika LP2B sudah disahkan dan menjadi lampiran utama pengajuan DAK reguler.

Sumber: