ASN Bengkulu Selatan Wajib Pakai Batik Sekundang Setiap Kamis

ASN Bengkulu Selatan Wajib Pakai Batik Sekundang Setiap Kamis

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi saat mengikuti parade batik sekundang Senin (6/3/2023)-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten BENGKULU SELATAN (BS) wajib pakai Batik Sekundang setiap hari Kamis.

Hal ini pasca Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop-UM) Bengkulu Selatan menggelar parade launching Batik Sekundang, Senin (6/3/2023).

BACA JUGA:Parade Batik Sekundang, Ribuan ASN dan Pelajar Bengkulu Selatan Turun ke Jalan

Kegiatan dipimpin langsung Bupati BS Gusnan Mulyadi dan diikuti Unsur Forkopimda, Kepala OPD lingkungan Pemkab BS, ASN dan pelajar.

Bupati meminta Batik Sekundang dapat benar-benar dipasarkan. Minimal di wilayah BS.

BACA JUGA:Batik Besurek Dikenalkan Hingga ke Arab Saudi

Bupati bahkan meminta setiap Kamis seluruh ASN dan pelajar wajib memakai Batik Sekundang.

“Selama ini, setiap Kamis (ASN) masih pakai Batik Besurek. Ke depan saya minta untuk menggalakkan produk lokal, yakni Batik Sekundang,” tegas Bupati.

BACA JUGA:Ini Cara DWP dan Pemkab Kaur Lestarikan Batik, Keren...

Bupati juga mengaku akan mendorong ekonomi kreatif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Apalagi sudah ada lima pengerajin batik di Bengkulu Selatan. Hadirnya Batik Sekundang diharapkan dapat membuat para pengerajin batik dapat lebih fokus menciptakan pakaian yang bermotif batik.

BACA JUGA:Ayo Pakai Batik Sekundang Setiap Kamis

“Kami ingin mendorong ekonomi kreatif dan pelaku UMKM di Bengkulu Selatan. Kita dorong Batik Sekundang ini bisa tembus ke pasar nasional, terutama menguasai pasar lokal," ujar Gusnan.

Sementara itu, Kadis Perindagkop-UM BS Binagransya SP, MM mengaku Batik Sekundang ini sudah dipatenkan sejak tiga tahun lalu.

Sumber: