80 Hektar Kebun Sawit di Seluma Direplanting Tahun Ini

80 Hektar Kebun Sawit di Seluma Direplanting Tahun Ini

Proses replanting kelapa sawit -istimewa/kementan ri-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Tahun ini 80 hektar kebun kelapa sawit petani di wilayah Kecamatan Ulu Talo Kabupaten SELUMA akan direplanting.

Alokasi replanting hanya untuk satu gabungan kelompok tani (Gapoktan) sesuai usulan yang disampaikan akhir tahun 2022 lalu.

BACA JUGA:Heboh Aliran Puang Nene: Pengikut Tak Wajib Salat 5 Waktu, Tapi Harus Setor Rp750 Ribu

BACA JUGA:Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2023 Segera Dibuka, Berikut Syaratnya

Program replanting ini bertujuan meremajakan kebun kelapa sawit petani yang sudah tidak produktif lagi. Sehingga diganti dengan tanaman kelapa sawit yang baru menggunakan bibit unggul.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan, setiap satu hektar kebun kelapa sawit yang direplanting akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 30 juta.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Tertangkap Mencuri, Warga Talo Kecil Nyaris Bonyok

BACA JUGA:10 Calon KPU Provinsi Bengkulu: 9 Penyelenggara Pemilu, 1 Pegawai Sekretariat KPU

Namun anggaran tidak disalurkan dalam bentuk uang tunai. Melainkan dalam bentuk pekerjaan. Seperti biaya penebangan pohon kelapa sawit yang lama atau tumpang ciping, biaya persiapan pematangan lahan, pembelian bibit, pemagaran, selanjutnya sampai proses penanaman dan pemberian pupuk.

"Sama seperti tahun sebelumnya, total anggaran setiap hektar lahan Rp 30 juta. Namun dalam bentuk pekerjaan. Tidak ada yang disalurkan dalam bentuk uang tunai kepada penerima,"tegas Arian Sosial.

BACA JUGA:Kebutuhan Guru PPPK 601.286, Kemendikbudristek Siapkan Gaji dan Tunjangan

BACA JUGA:Makan Kriuk Babi Sambil Ucap Bismillah: Polda Sumsel Jerat Lina Mukherjee Pasal Penistaan Agama

Menurutnya, replanting merupakan program dari Kementrian Pertanian dalam pelaksanaannya juga diawasi melalui Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, tahun ini tercatat 6.104 hektar lahan perkebunan kelapa sawit petani di Bengkulu yang diusulkan direplanting.

Sumber: kepala dinas pertanian seluma