Jelang Berbuka Puasa, Rumah Warga Padang Sialang Nyaris Ludes

Jelang Berbuka Puasa, Rumah Warga Padang Sialang Nyaris Ludes

Petugas Damkar BS berupaya memadamkam api dari tabung gas di rumah warga Kelurahan Padang Sialang, Senin (17/4) siang-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Musibah kebakaran hampir menimpa keluarga Firdaus (50) warga Jalan Setia Budi Kelurahan Padang Sialang Kecamatan Pasar Manna, Senin (17/4/2023) siang.

Sekitar pukul 14.03 WIB, regulator gas yang dipasang di rumahnya rusak dan menimbulkan percikan api.

Kejadian bermula ketika sang istri ingin memasak untuk persiapan berbuka puasa.

Namun gas yang dinyalakan dengan cepat menyambar ke bagian regulator. Karena panik sang istri langsung memanggil suaminya yang kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran.

“Kejadian ini murni kerusakan sistem regulator gas. Kemungkinan regulator jarang dibersihkan sehingga terjadi karat dan memecah aliran gas,” ujar Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Bengkulu Selatan, Erwin Muchsin, S.Sos.

Dijelaskan Erwin, saat timnya tiba di lokasi. Kobaran api masih terlihat menyala di atas tabung gas.

Namun, pemilik rumah sudah menjauhkan beberapa barang yang mudah terbakar sehingga tidak kobaran api tidak melebar.

“Jadi pemadaman tidak langsung disemprot watergun. Petugas dengan cekatan menutup katup tabung gas sehingga api bisa dipadamkan,” bebernya.

Namun demikian, akibat kerusakan regulator tersebut. Tungku kompor gas beserta panci ikutan rusak terbakar api. Selain itu, selang gas juga meleleh.

“Untuk korban luka maupun meninggal tidak ada. Kondisi rumah juga aman serta kebakaran besar dapat terhindarkan,” beber Erwin. (**)

Sumber: