Gubernur Bengkulu Minta Sertifikasi Produk Halal Dipercepat

Gubernur Bengkulu Minta Sertifikasi Produk Halal Dipercepat

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah -lisa rosari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Gubernur BENGKULU Rohidin Mersyah mengatakan, ada 4 bidang ekonomi dan keuangan syariah yang menjadi fokus utama pemerintah.

Pertama, industri produk halal, kedua industri jasa keuangan syariah, ketiga dana sosial syariah dan keempat bisnis dan kewirausahaan syariah.

BACA JUGA:74 Pelaku UMKM di Bengkulu Selatan Kantongi Sertifikat Halal

"Saya meminta percepatan sertifikasi halal agar diprioritaskan, baik itu untuk rumah potong hewan maupun UMKM," kata Rohidin.

Gubernur mengatakan, potensi keuangan dan ekonomi syariah di Provinsi Bengkulu cukup besar.

BACA JUGA:Sertifikat Halal Gratis 2023 Dibuka: 1 juta Kuota, Usaha Sembelihan Wajib Nyimak, Berikut Syarat & Cara Daftar

Berdasarkan data UMKM skala usaha mikro, di Provinsi Bengkulu terdapat 386 yang bersertifikasi halal. Perbankan syariah juga terus bertumbuh.

Data penyaluran kredit syariah pada Maret 2022 sebesar 2.14 triliun.

BACA JUGA:Dilarang Makan di Tempat Saat Halal Bihalal

Kemudian Maret 2023 menyentuh 3.21 triliun. Sedangkan penghimpunan dan penyaluran zakat infak dan sedekah di tingkat Provinsi Bengkulu pada 2022 sejumlah 5.017.217.447, dan penyalurannya sebesar 5.939.749.145.

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Obat-obatan dan Kosmetik Wajib Bersertifikat Halal

"Penyaluran kredit ini juga dakam rnagak membantu masyarakat dan khusus zakat untuk membantu program sosial dan pengentasan kemiskinan ekstrem serta pemberdayaan usaha mikro kecil," tutup Rohidin. (cia)

Sumber: