Silon Dikunci, Input Dokumen Bacaleg Partai Gelora Bengkulu Selatan Hingga Dini Hari

Silon Dikunci, Input Dokumen Bacaleg Partai Gelora Bengkulu Selatan Hingga Dini Hari

Ketua PKN Bengkulu Selatan, Jasran memberikan keterangan usai mendaftarkan bacalegnya pada Minggu (14/5/2023) malam-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATA, RASELNEWS.COM - Pengajuan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 resmi ditutup Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 WIB.

Penutupan ditandai dengan terkuncinya sistem informasi pencalonan (Silon) oleh KPU.

BACA JUGA:5 Parpol Pemilu 2024 Terancam Tanpa Caleg di Bengkulu Selatan, Ada Partai Golkar

Namun, meski telah ditutup, proses penginputan data dan pengunggahan dokumen persyaratan bakal calon ke Silon oleh parpol ternyata masih bisa dilakukan.

Setelah ditutup, Silon ternyata bisa dibuka kembali.

BACA JUGA:Pemilu 2024, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Pastikan Tidak Mencalonkan Diri, Ternyata Ini Alasannya

Partai Gelora yang hingga tadi malam belum 50 persen menyelesaikan proses input, terpantau Raselnews.com hingga Senin (15/5/2023) hingga pukul 12.57 WIB masih berjibaku menyelesaikan proses unggah dokumen bacalegnya.

Bahkan informasi yang didapat hingga pengajuan pendaftaran bacaleg ditutup, status Partai Gelora baru sebatas teregister oleh KPU Bengkulu Selatan, bukan dikembalikan apalagi diterima.

BACA JUGA:PERDANA! PKS dan PDIP Serahkan Bacaleg Pemilu 2024 ke KPU Bengkulu Selatan

"Ya baru teregister. Kalau sudah teregister, artinya masih bisa menyelesaikan proses input," singkat anggota KPU BS, Asprian Toni SE Senin (15/5/2023) dini hari kepada Raselnews.com.

Mengapa proses input Partai Gelora terlambat? Ketua DPD Partai Gelora, M Sadikin kepada Raselnews.com mengaku pihaknya tidak memiliki akses untuk masuk ke Silon.

BACA JUGA:Syarat Caleg Pemilu 2024, Usia Minimal 21 Tahun, Mantan Napi Wajib Serahkan 3 Dokumen Ini

Username dan pasword Silon berada di tangan DPP Partai Gelora. Sadikin mengaku sudah meminta agar pasword diberikan. Namun hal itu tak dipenuhi pihak DPP.

30 menit menjelang penutupan pendaftaran, DPP Partai Gelora barulah memberikan username dan pasword. Proses input pun dilakukan dengan dibantu operator KPU Bengkulu Selatan.

Sumber: