Penerima Bansos di Seluma Berkurang 4.033

Penerima Bansos di Seluma Berkurang 4.033

Presiden Jokowi memantau penyaluran bansos di Lampung beberapa waktu lalu-istimewa/setneg.go.id-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Penerima bantuan sosial (bansos) di SELUMA berkurang. Ini setelah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten SELUMA menurun 4.033 jiwa.

Jika tahun 2022, DTKS Seluma 128.116 individu atau 47.968 KK, tahun ini menjadi 124.083 individu atau sebanyak 46.927 Kepala Keluarga (KK).

Diketahui DTKS ini akan menjadi acuan pemerintah pusat untuk menyalurkan bansos baik itu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan bantuan lainnya.

BACA JUGA:BPK: Bansos Rp185 Miliar Salah Sasaran, PNS Hingga Penghuni Kubur Masuk Daftar

Sayangnya By Name By Addres (BNBA) Dinas Sosial Kabupaten Seluma tidak mengetahui jumlah penerima BPNT, PKH, maupun bantuan lainnya yang indikatornya dari DTKS.

"Salah satu penyebab DTKS tahun 2022 mengalami kenaikan karena kita hendak mengejar Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan sistem penjaminan kesehatan," kata Kepala Dinas Sosial Seluma, Elian Suadi melalui Kabid Nofoliyon Hermawan.

BACA JUGA:Juni Berkah! 5 Bansos Ini Cair di Hari Raya Idul Adha 2023

Dikatakan Nofoliyon, seluruh masyarakat yang masuk dalam DTKS saat ini sudah tercover Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang ditanggung oleh pemerintah daerah, maupun yang ditanggung oleh Pemerintah Pusat (Jamkesmas).  

"Insya Allah sudah tercover semua dalam Jamkesda maupun Jamkesmas.  Jika ada yang belum itu merupakan penambahan DTKS yang baru. Seperti bayi yang baru lahir.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Menko Airlangga Pastikan Bansos PKH dan KUR Tetap Dilanjutkan di Tahun 2024

Untuk BNBA kami sudah pernah bersurat ke Kantor Pos untuk mendapatkan data penerima bantuan. Namun sampai saat ini belum kami terima balasan surat itu," katanya.

DTKS merupakan data induk yang berisi data pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

BACA JUGA:Selamat! Bansos PKH dan BPNT Cair Akhir Juni di Kantor Pos dan Bank

DTKS dijadikan data acuan dalam program penanganan fakir miskin dan penyelengaraan kesejahteraan sosial. (rwf)

Sumber: