Masya Allah! Kelompok Burung Membentangkan Sayap di Hari Kiamat Bagi yang Rutin Membaca Surah di Alquran Ini

Masya Allah! Kelompok Burung Membentangkan Sayap di Hari Kiamat Bagi yang Rutin Membaca Surah di Alquran Ini

17 Manfaat dan Keutamaan Surat Al-Waqi'ah, Rezeki Lancar, Tidak Merasa Kemiskinan-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Di dalam Al-Quran terdapat banyak surah dan ayat yang diberikan keistimewaan, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW.

Salah satunya adalah surah Al-Baqarah. Terdapat banyak keutamaan yang akan didapatkan umat Muslim jika mereka rutin membaca surah Al-Baqarah.

Beberapa keutamaan membaca surah Al-Baqarah diungkapkan dalam riwayat Abu Umamah. Dalam riwayat tersebut, Rasulullah SAW menyatakan:

BACA JUGA: Baca Doa Pendek Ini Setiap Jumat, Ustadz Adi Hidayat: Rezeki Berkah akan Datang

"Bacalah 'dua tangkai bunga indah', yaitu surah Al-Baqarah dan Ali 'Imran. Kedua surat ini akan hadir pada Hari Kiamat seperti peneduh, awan pelindung, atau kelompok burung yang membentangkan sayapnya dan membela pembacanya.

Oleh karena itu, bacalah surah Al-Baqarah karena di dalamnya terkandung berkah. Dan meninggalkannya akan menjadi kerugian. Bahkan, para pelaku sihir tidak mampu menembusnya," (HR. Ahmad).

Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Surah Al-Baqarah yang dikutip dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Hutang Segunung Bisa Lunas, Amalkan 5 Doa Nabi Sulaiman Ini, Rezeki Melimpah dan Berkah

1. Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Keutamaan pertama adalah bahwa surah Al-Baqarah termasuk dalam tiga surat yang diyakini dapat membantu permohonan seorang Muslim agar dikabulkan oleh Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam HR. Ibnu Majah:

"Nama Allah yang Agung yang jika Dia dipanggil dengan nama tersebut, maka Dia akan menjawab ada dalam tiga surat, yaitu surat Al-Baqarah, Ali Imran, dan Thahaa." (HR. Ibnu Majah)

2. Diberi Mahkota di Surga

BACA JUGA:Doa Tak Kunjung Dikabulkan? Simak 7 Penyebab Doa Anda Terhalang

Keutamaan membaca surah Al-Baqarah selanjutnya adalah bahwa orang yang membacanya akan mendapatkan kehormatan berupa mahkota di surga, seperti yang disebutkan dalam riwayat Ad-Darimi,

"Siapa pun yang membaca surah Al-Baqarah, maka dia akan dikenakan mahkota darinya di surga."

3. Rumah Dijauhi oleh Setan

Surat Al-Baqarah juga termasuk surat istimewa karena mengandung ayat Kursi, inti terpenting dari Al-Quran.

Setiap kali ayat Kursi dibaca di dalam rumah yang dihuni setan, setan tersebut akan pergi, sebagaimana hadits riwayat Abu Hurairah:

BACA JUGA:Mata Anda Rabun? Amalkan Doa Ini, Kiai Muslih yang Buta 8 Tahun Akhirnya Bisa Melihat Lagi

"Segala sesuatu memiliki kepala, dan kepala dari Al-Quran adalah surah Al-Baqarah. Di dalamnya terdapat ayat yang diibaratkan sebagai 'tuan' dari seluruh ayat Al-Quran, yaitu ayat Kursi. Jika ayat ini dibaca di rumah yang dihuni setan, maka setan itu akan keluar," (HR. Abdur Razzaq).

Tidak hanya di rumah tempat ayat Kursi dibacakan, tetapi juga keberkahannya dirasakan di rumah-rumah di sekitarnya.

Dalam riwayat lain disebutkan, "Orang yang membaca ayat Kursi setiap selesai shalat fardu, maka kedudukan orang tersebut seperti orang yang terus menerus berada di bawah perlindungan para nabi Allah hingga gugur sebagai syahid," (HR. Ibnu As-Sunni).

BACA JUGA:Masih Jomblo? Amalkan Doa Ini Agar Segera Dapat Jodoh

4. Dijauhkan dari Sihir

Keutamaan berikutnya dari surah Al-Baqarah adalah bahwa pembacanya akan terlindungi dari sihir. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Umamah bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Bacalah Al-Quran, karena Al-Quran akan memberikan syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat. Dan bacalah Az-Zahrawain, yaitu surah Al-Baqarah dan Ali Imran, karena kedua surat ini akan hadir pada hari kiamat seakan-akan mereka seperti dua tumpukan awan, atau dua bentuk payung yang melindungi, atau dua kelompok burung yang membuka sayapnya. Kedua surat ini akan membela pembacanya pada hari kiamat," (HR. Muslim dalam kitab ash-Shalah).

BACA JUGA:Doa Laki-laki atau Perempuan Paling Makbul? Kisah Juraij Jadi Bukti

Inilah beberapa keutamaan besar dari membaca surah Al-Baqarah yang memberikan berkah dan perlindungan bagi pembacanya.

Umat Muslim dianjurkan untuk membaca surat ini secara rutin untuk mencari berkah dan perlindungan dari Allah di dunia dan akhirat. (red)

Sumber: