Menggemaskan, Ribuan Peserta Didik TK/PAUD di Bengkulu Selatan Ikuti Pawai Kebudayaan

Menggemaskan, Ribuan Peserta Didik TK/PAUD di Bengkulu Selatan Ikuti Pawai Kebudayaan

Peserta didik TK/PAUD di bengkulu selatan saat mengikuti pawai kebudayaan-rezan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Ribuan peserta didik TK/PAUD di Kabupaten BENGKULU SELATAN ikut memeriahkan peringatan HUT  Ke 78 tahun 2023.

Ribuan peserta didik TK/PAUD ini mengikuti pawai kebudayaan, Jumat (18/8) pagi.

Pawai yang mengambil start Lapangan Sekundang Setungguan-Jalan H.Yasin-Jalan Pematang Bangau dan kembali finish di Lapangan Sekundang ini bertujuan untuk memberikan semangat dan pendidikan bagi anak usia dini terkait nasionalisme serta mencintai budaya bangsa.

Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Dikbud Bengkulu Selatan, Amir Syopian, M.Pd mengatakan, gelaran pawai kebudayaan anak usia dini diinisiasi langsung oleh para guru TK/PAUD.

Mereka berkeinginan anak didik TK/PAUD turut serta dalam kemeriahan HUT RI, sehingga nanti menjadi sebuah pengalaman dan pembelajaran menarik ketika yang bersangkutan sudah dewasa.

“Tema pawainya sesuai dengan tagline HUT RI ke-78, yaitu terus melaju untuk indonesia maju. Ini pawai terbesar perdana khusus TK dan PAUD pasca pandemi covid-19,” ujarnya.

Diterangkan Amir, sesuai dengan kemasan acara yakni pawai kebudayaan.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta didik TK/PAUD mengenakan kostum yang beranekaragam. Mulai dari petani, pedagang, aparat negara, hingga seorang seniman.

Selain itu juga, para peserta didik juga membawa miniatur peralatan tradisional Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap anak didik semakin mencintai budaya Bengkulu Selatan. Sehingga nanti mereka menjadi generasi cerdas dan berkarakter,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi turut mengapresiasi kemeriahan pawai kebudayaan yang diikuti ribuan peserta didik TK/PAUD.

Dirinya merasa kemasan HUT RI tahun ini jauh berbeda dan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Negara ini milik semua masyarakat indonesia, jadi kehangatan aksi pawai ini menunjukkan solidaritas dan semangat pembangunan untuk indonesia maju,” katanya.

Dirinya juga berpesan agar kegiatan positif tetap terlaksana di lingkup TK/PAUD. Sebab, peserta didik usia ini merupakan generasi emas yang harus diberikan pengetahuan dan wawasan yang baik.

Sumber: kabid pendidikan luar sekolah (pls) dinas dikbud bengkulu selatan