Lengkap! Cara Tambah Daya Listrik Via PLN Mobile, Mudah dan Praktis

Lengkap! Cara Tambah Daya Listrik Via PLN Mobile, Mudah dan Praktis

cara menambah daya listrik lewat HP via PLN mobile-istimewa-raselnews.com

JAKARTA RASELNEWS.COM - Aplikasi PLN Mobile menjadi salah satu terobosan PT PLN (Persero) dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan akses layanannya, salah satunya menambah daya listrik.

Dilansir PLN.co.id, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi, mengatakan, aplikasi PLN sangat memudahkan konsumen dalam beraktivitas dengan menggunakan listrik. Cara ini sangat mudah dan praktis.

Masyarakat yang ingin tambah daya dan mengajukan pemasangan listrik saat ini bisa langsung mengajukannya lewat aplikasi PLN Mobile yang telah terinstal pada smartphone pelanggan.

“Prosesnya juga cepat dan tak perlu lagi datang ke kantor PLN. Petugas PLN akan langsung memproses permintaan layanan ke rumah pelanggan,” ujar Agung.

Dalam melakukan tambah daya melalui hp atau handphone, pelanggan tidak perlu khawatir dengan tarif listrik/kWh.

Karena tarif listrik daya 1.300 VA non subsidi hingga 200.000 VA adalah sama, yaitu Rp 1.444,70/kWh.

Berikut cara untuk tambah daya lewat HP melalui aplikasi PLN Mobile:

1. Download aplikasi PLN Mobile di Google Playstore atau Apple Appstore.

2. Pada halaman utama, pilih menu “Perubahan Daya”.

3. Akan muncul tampilan tahapan proses Perubahan Daya, pilih “Mulai”.

4. Pilih ID Pelanggan yang telah didaftarkan pada PLN Mobile atau masukkan ID Pelanggan atau No Meter Lain, kemudian pilih “Lanjutkan”.

5. Tentukan koordinat lokasi yang sesuai, pilih “Ya”.

6. Lengkapi data Lokasi sesuai dengan keadaan sebenarnya, lalu pilih “Lanjutkan”.

7. Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pasca Bayar), peruntukan listriknya, kemudian pilih “Lanjutkan”.

8. Pilih jenis permohonan, apakah untuk diri sendiri atau orang lain. Apabila untuk orang lain, maka data yang diisi adalah “Data Pelanggan” dan “Data Pemohon”. Setelah semua data terisi, pilih “Lanjutkan”.

9. Akan muncul Ringkasan Data Permohonan. Pada halaman ini juga, masukan kode Voucher Promo Apabila sedang berlangsung program promo. Setelah itu pilih “Kirim Permohonan”.

10. Akan muncul tampilan “Syarat & Ketentuan”, pelanggan diharapkan untuk membaca dan memahami dengan cermat sebelum memilih “Setuju”.

11. Setelah itu pelanggan akan diarahkan ke halaman pemberitahuan “Permohonan Berhasil”. Setelah memilih “OK”, akan muncul tampilan “Detail Permohonan”. Proses pun berlanjut setelah pelanggan memilih “Lanjutkan Pembayaran”.

12. Setelah itu, akan muncul tampilan Metode Pembayaran. Pelanggan dapat melakukan pemilihan metode pembayaran dengan pilih “Ganti Metode Pembayaran”.

Ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account. Pilih salah satu metode pembayaran yang tersedia sebelum memilih “Bayar”.

Jika permohonan berjalan lancar, akan muncul pemberitahuan dari aplikasi PLN Mobile bahwa pembayaran telah berhasil.

Setelah 2 hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk menjadwalkan penambahan daya.

Demikian cara menambah daya listrik via HP melalui aplikasi PLN Mobile. Semoga bermanfaat. (red)

Sumber: