Pertamax Green 92 Bakal Gantikan Pertalite, Berapa Harganya?

Pertamax Green 92 Bakal Gantikan Pertalite, Berapa Harganya?

Pembatasan Pembelian Pertalite bakal dilakukan pemerintah-andri irawan-raselnews.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) mengusulkan menggantikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite mulai tahun 2024 dengan Pertamax Green 92.

Penghapusan Pertalite sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang membatasi RON 91 sebagai BBM terendah yang bisa dijual di Indonesia.

BACA JUGA:Pembelian Pertalite Dibatasi, Pertamax Bakal Jadi BBM Subsidi

Berapa harga Pertamax Green 92?

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke, menjelaskan harga Pertamax Green 92 diperkirakan akan termasuk dalam kategori Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

BACA JUGA:Buruan! Pertamina Beri Bonus 1 Liter Setiap Beli BBM Jenis Ini, Berlaku 4-30 September 2023

"Pada saat ini menjadi program pemerintah, tentu harga Pertamax Green 92 diatur, tidak mungkin JBKP memiliki harga yang ditentukan oleh pasar. Ini karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya," jelas Nicke

Jika rencana ini disetujui pemerintah, maka tahun depan Pertamina hanya akan menjual tiga produk BBM yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

BACA JUGA:Mulai 1 September 2023, Harga 4 Jenis BBM Pertamina Ini Resmi Naik

Hingga saat ini, Pertamina belum mengumumkan harga resmi Pertamax Green 92. Namun, harga Pertamax Green 95, produk BBM terbaru dari Pertamina, sudah tertera di SPBU Pertamina di Jalan MT Haryono, Jakarta, dengan harga Rp13.500 per liter.

Sementara harga Pertamax Turbo 92 dijual seharga Rp14.000 per liter.

SPBU Pertamina MT Haryono adalah salah satu dari 15 SPBU yang akan menjual BBM ramah lingkungan ini dalam tahap pertama. Sisanya tersebar di berbagai daerah di Jakarta dan Surabaya.

BACA JUGA:Nah Loh! Pemprov Bengkulu Atur Zona Pembelian BBM Biosolar, Truk di SPBU Tertentu

Dengan demikian, dapat diperkirakan bahwa harga Pertamax Green 92 masih berada di bawah harga Rp13.500 per liter. Saat ini, harga BBM Pertalite adalah Rp10.000 per liter. (red)

Sumber: