Jalan Dua Jalur di Seluma Rusuh, Polisi dan Warga Bentrok

 Jalan Dua Jalur di Seluma Rusuh, Polisi dan Warga Bentrok

Jalan Dua Jalur di Seluma Rusuh, Polisi dan Warga Bentrok-ahmad fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Suasana di jalan dua jalur Kota Tais, SELUMA, Bengkulu, sekitar pukul 14.15 WIB Rabu (4/10/23) mencekam. Terdapat puluhan demonstran yang melakukan unjuk rasa di depan Kantor KPU SELUMA.

Puluhan massa  ini sempat menggelar aksi demonstran secara anarkis serta melakukan penyerangan kepada anggota Polisi dari Polres Seluma.

Aparat Polres Seluma yang diterjunkan sebanyak 250 orang berhasil memukul mundur para demonstran yang mencoba anarkis. Sejumlah peralatan pengamanan seperti kendaraan water canon juga diterjunkan untuk menghalau massa.

BACA JUGA:Monowi, Kota di AS yang Dihuni Seorang Perempuan, Berani Coba?

Namun hal ini hanyalah simulasi pengamanan Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Polres Seluma bersama dengan Polda Bengkulu.

Simulasi pengamanan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Seluma AKBP Arif Eko Prastyo SIK serta sejumlah pejabat utama (PJU) Polres Seluma seperti Kabag Ops AKP Yudha Setiawan serta sejumlah personel lainnya.

Kapolres Seluma mengatakan saat ini Jajaran Polres Seluma perlu mengukur dan mempersiapkan personel. Untuk mengantisipasi jika terjadi aksi demonstrasi setelah pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

Bahkan jika aksi demosntrasi tersebut sempat berujung anarkis, personel sudah harus mampu mengambil langkah persuasif.

BACA JUGA:Enam Negara Terancam Krisis Penduduk, Angka Kelahiran Sangat Rendah, Ini Nama Negaranya

"Simulasi ini dalam rangka persiapan pengamanan menjelang pemilu nanti. Sehingga seluruh personel bisa memahami prosedur pengamanan saat terjadi aksi demonstrasi atau unjuk rasa. Serta bagaimana mengendalikan massa saat terjadi aksi unjuk rasa," tegas Kapolres Seluma.

Namun meskipun demikian, Kapolres Seluma tetap berharap agar pemilu di Kabupaten Seluma bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai. Semua elemen bisa bersama-sama menjaga agar situasi kamtibmas tetap terjaga.

"Kami dari jajaran kepolisian, tetap berharap agar pelaksanaan pemilu di Kabupaten Seluma ini tetap berjalan dengan aman, damai dan lancar," ujar Kapolres Seluma.

BACA JUGA:Transaksi Mudah dan Aman Melalui UANGKU di Aplikasi Traveloka, Caranya Cukup Mudah dan Gratis

Sementara itu, anggota KPU Seluma Iwan Setiawan mengapresiasi persiapan pengamanan oleh Polres Seluma serta semua jajaran termasuk dari Kodim 0425 Seluma serta Pemkab Seluma. Karena dalam pengamanan pemilu nanti semua akan dilibatkan.

Sumber: