Fakta Menarik Burung Namdur: Sang Arsitek yang Pandai Bergoyang Demi Memikat Betina yang Materialis

Fakta Menarik Burung Namdur: Sang Arsitek yang Pandai Bergoyang Demi Memikat Betina yang Materialis

Burung Namdur jantan bergoyang untuk merayu betina-istimewa-

RASELNEWS.COM - Namdur adalah burung yang dikenal paling kreatif dan jenis di dunia guna menarik perhatian sang betina yang memiliki sifat materialis alias matre.

Namdur jantan sangat mudah dikenali dan pandai bergoyang. Tubuhnya berwarna kuning cerah dengan tepi sayap dan ekor hitam.

Merah dari kepala sampai ke bahu dan punggung, mengingatkan pada kerudung. Terkadang terdapat garis kuning di tengah dada hingga paruh.

BACA JUGA:Fakta Unik Burung Jacana Afrika: Penipu Ulung Namun Takut Istri

Sementara Namdur betina dengan ciri bagian atas cokelat dengan tubuh bawah kuning dan juga garis kuning khas di tenggorokan.

Namdur merupakan burung endemik benua Australia dan Papua Nugini yang terdiri dari 20 spesies dan terdistribusi dalam 8 genus.

Mereka memiliki pola bulu bervariasi serta warna yang berbeda. Seperti hijau orange merah kuning hitam dan putih hingga coklat zaitun dan abu-abu.

Mereka adalah frugivora atau pemakan buah-buahan. Tetapi terkadang mereka juga memakan serangga laba-laba dan biji-bijian. Mereka dapat hidup antara 6 hingga 30 tahun atau bergantung pada spesiesnya.

Dalam kehidupannya, Namdur jantan akan membangun sarang mewah dengan cara menghias dan menyulam struktur rumit.

BACA JUGA:Fakta Menarik Burung Kedasih: Hewan Cantik Tapi Licik dan Ditakuti Masyarakat

Uniknya beragam bentuk dan ukuran sarang yang dibuat dapat menunjukkan tingkat kecerdasan serta ukuran otak burung namdur.

Di mana, burung dengan ukuran otak yang besar akan membangun sarang yang besar pula. Sementara burung yang memiliki otak lebih kecil akan membuat sarang dengan ukuran yang lebih sederhana serta simple.

Sarang ini ini terbuat dari ranting dan benda-benda yang berhasil dikumpulkan oleh jantan.

Seperti batu berwarna cerah bunga segar atau kerangka serangga berwarna-warni yang ditempatkan dalam posisi khusus untuk mendapatkan tampilan yang mengesankan.

BACA JUGA:Cerita Unik Burung Kedasih, Pemalas dan Diyakini Memiliki Ajian Pemikat, Hasilkan Minyak Sekuntit

Hal ini dilakukan jantan karena Namdur betina memiliki sifat materialis 

Jika sarang itu tampak tidak menarik, maka sang betina tidak bersedia untuk dikawini. Betina memiliki berbagai kriteria khusus terhadap sarang yang dibuat oleh jantan.

Betina cenderung menilai kualitas jantan dari tingkat kemegahan sarang yang dilihat dari segi ukuran dan bahan dekorasi yang digunakan.

Semakin langka bahan dekorasi yang dipakai, misalnya menggunakan cangkang siput yang menunjukkan usaha yang dilakukan oleh jantan, maka semakin mahal dan semakin dihargai sarang tersebut oleh betina.

Selain itu warna yang mencolok juga akan semakin menarik bagi betina. Keahlian burung Namdur jantan membuat sarang guna menarik perhatian betina membuat mereka dikenal sebagai burung yang romantis, sekaligus sebagai burung kreatif yang sangat pintar.

BACA JUGA:Fakta Unik Platuk Acorn, Burung Berwajah Badut, Suka Menabung dan Berjiwa Sosial

Namun demikian keahlian membuat sarang tampaknya masih belum cukup bagi betina untuk memilih jantan yang cocok bagi mereka.

Karena itu selain menjadi arsitek yang handal, Namdur jantan juga harus memiliki keahlian lain seperti pandai menari dan bergoyang.

Bentuk Tarian tersebut berupa kepakan sayap gerakan maju mundur dan disertai kicauan merdu.

Hal tersebut biasanya dilakukan oleh jantan ketika betina sedang mengunjungi sarang mereka.

Sumber: