Fakta Unik Giethoorn: Desa Terbersih di Dunia dan Tanpa Jalan Raya yang Dibangun Para Penggali Parit

Fakta Unik Giethoorn: Desa Terbersih di Dunia dan Tanpa Jalan Raya yang Dibangun Para Penggali Parit

Fakta Unik Giethoorn: Desa Terbersih di Dunia dan Tanpa Jalan Raya yang Dibangun Para Penggali Parit-istimewa-

RASELNEWS.COM - Giethoorn merupakan desa kecil tanpa jalan raya dengan pemandangan yang sangat indah dengan jumlah penduduk sekitar 2600 orang.

Desa ini memiliki luas 14 km persegi, dan terletak di timur laut Belanda dan sering dijuluki sebagai Venesia dari Belanda.

Sebab Desa Giethoorn memiliki kanal-kanal yang terjalin dengan rapi serta perahu-perahu yang berlayar, percis sama dengan Kota Venesia di Italia.

BACA JUGA:Yamaha U8 155 Dirilis, Desain Unik dan Keren, Harga? Stop Bilang Mahal

Dilansir kanal youtube kabarperdia, air yang jering ditambah hiasan pohon rindang di kiri kanan kanal menjadi hiasan utama dan menjadi daya tarik desa ini.

Giethoorn didirikan pada abad ke-13 oleh para pekerja yang melakukan penggalian parit untuk menggali gambut di daerah ini.

Mereka menumpuk gambut di sekitar parit yang kemudian membentuk pulau-pulau kecil hingga menjadi dasar berdiri Desa Giethoorn.

BACA JUGA:Fakta Unik Burung Jacana Afrika: Penipu Ulung Namun Takut Istri

Tidak banyak orang yang tahu Desa Giethoorn. Tetapi setelah pemandangan hijau dan asrinya muncul dalam film funfire, desa ini mulai dikenal oleh dunia luar hingga menjadi lokasi wisata favorit.

Desa ini tidak memiliki jalan. Jalan-jalan di desa ini digantikan oleh saluran air yang berkelok-kelok ditambah dengan sekitar 114 jembatan yang menghubungkan satu pulau kecil dengan pulau kecil lainnya.

Kendaraan utama masyarakat desa adalah perahu bertenaga listrik yang dikenal sebagai whisperboard atau perahu bergizi.

BACA JUGA:Fakta Unik Negara Oman, Tetangga Uni Emirat Arab, Negara Kaya Raya Namun Berpura Pura Miskin

Julukan tersebut diberikan karena perahu ini memiliki mesin yang tenang tidak berisik serta ramah akan lingkungan.

Karena tidak ada jalan raya, menjadikan desa ini terbebas mobil dan motor yang menghasilkan asap kendaraan.

Bahkan desa ini juga terbebas asap pabrik atau asap rokok. Kawasan ini benar-benar terbebas dari karbon dan terbebas sampah.

Sebab itu di tahun 2019 Nasional Geografik menobatkan Giethoorn sebagai desa terbersih di dunia. Giethoorn juga memiliki hamparan pedesaan yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu wilayah dengan udara terbaik di dunia.

BACA JUGA:Cerita Unik Burung Kedasih, Pemalas dan Diyakini Memiliki Ajian Pemikat, Hasilkan Minyak Sekuntit

Selain kanal dan perahu yang hilir mudik, Desa Giethoorn juga memiliki rumah-rumah dengan arsitektur yang cukup unik.

Rumah-rumah tersebut sudah berumur lebih dari 100 tahun dan hampir setiap rumah memiliki halaman dengan taman yang ditata dengan baik.

Selain rumah terdapat juga fasilitas lain layaknya desa pada umumnya. Seperti restoran toko-toko dan lain-lain yang menambah daya tarik bagi desa kecil ini. (red)

Sumber: