Rangka eSAF Viral, Harga Motor Bekas Honda BeAT dan Vario Tak Lagi 'Melawan'

Rangka eSAF Viral, Harga Motor Bekas Honda BeAT dan Vario Tak Lagi 'Melawan'

Rangka eSAF Viral, Harga Motor Bekas Honda BeAT dan Vario Tak Lagi 'Melawan'-istimewa-

RASELNEWS.COM - Viralnya rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada beberapa produk Honda, khususnya BeAT dan Vario, berimbas pada turunnya harga motor bekas dua produk Honda tersebut.

Publik dibuat waspada oleh kasus rangka eSAF yang rentan patah dan keropos pada sejumlah model Honda seperti BeAT, Genio, Scoopy, dan Vario 160.

BACA JUGA:Dibanderol Rp 14 Jutaan, Honda Rilis Skutik Menyala Tanpa Disentuh dan Sistem Anti Maling

Meskipun PT Astra Honda Motor (AHM) telah mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah tersebut, pedagang motor bekas masih merasakan dampaknya akibat viralnya rangka eSAF yang patah di media sosial.

Salah seorang pedagang sepeda motor bekas mengaku, sebelum kasus rangka eSAF viral, Honda BeAT tahun 2023 bisa dijual dengan harga Rp15,5 juta untuk tipe CBS.

Sementara tipe Delux dan Street bisa mencapai harga Rp16 jutaan. Namun, saat itu, harganya hanya bisa mencapai Rp13 jutaan saja.

BACA JUGA:Tantang Yamaha XMax Honda Forza, Kawasaki Rilis Skutik J300 dan J125 Berbodi Bongsor dan Lebih Sporty

Bahkan menurut pedagang ini, pascarangka eSAF mencuat, ia memutuskan untuk tidak lagi menjual produk tersebut.

Meskipun AHM memberikan jaminan garansi rangka selama 5 tahun, ia mengaku masih ragu tentang dampak penjualan di masa depan.

"Kami belum tahu bagaimana efek dari garansi rangka 5 tahun tersebut. Yang pasti, saat ini saya sudah tidak lagi menjual produk tersebut," tambah pedagang yang enggan menyebut namanya. (red)

Sumber: