Rasa Lapar Selalu Datang Saat Tidur? Ini Penyebab dan Solusinya

Rasa Lapar Selalu Datang Saat Tidur?  Ini Penyebab dan Solusinya

Rasa Lapar Selalu Datang Saat Tidur? Ini Penyebab dan Solusinya-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Rasa lapar adalah dorongan alami dan kuat, namun tubuh kita umumnya mengenali kapan saatnya makan dan kapan saatnya tidur.

Bagi sebagian besar orang, nafsu makan dan rasa lapar cenderung mencapai puncaknya pada malam hari, sementara lebih rendah sepanjang malam dan pagi hari.

Jika kamu sering terbangun di tengah malam atau di pagi hari dengan perasaan lapar yang mengganggu, kemungkinan besar tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

BACA JUGA:Pengunaan Sunscreen di Malam Hari Ternyata Bisa Berbahaya, Kenali Risikonya Terhadap Kulit

Dilansir Medical News Today, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin merasa lapar di malam hari, namun sebagian besar dapat diatasi dengan perubahan kecil pada pola makan atau jadwal tidur.

Salah satu alasan mungkin adalah karena tubuh tetap membakar kalori saat tidur. Jika tidak ada kondisi medis yang memerlukan perhatian khusus, seharusnya perut tidak keroncongan di malam hari.

Makan berlebihan sebelum tidur juga bisa menjadi penyebab. Terutama jika kamu suka mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula, seperti pizza atau makanan cepat saji, dalam satu atau dua jam sebelum tidur.

BACA JUGA:Sudah Makan Tapi Lapar Lagi! Jangan Dianggap Remeh, Ini Penyebabnya

Makan makanan tertentu, terutama yang tinggi pati dan gula, sebelum tidur dapat menyebabkan lonjakan gula darah, diikuti penurunan yang dapat menyebabkan rasa lapar.

Penelitian menunjukkan bahwa makan di malam hari umumnya kurang memberikan rasa kenyang dibandingkan dengan makan di pagi hari.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi cemilan kecil yang kaya nutrisi sebelum tidur, seperti minuman tinggi protein, untuk memuaskan rasa lapar dan meningkatkan metabolisme di pagi hari.

BACA JUGA:5 Waktu Dilarang Tidur Dalam Islam, Nomor 1 Menghambat Rezeki

Kurang tidur dapat berdampak pada kontrol gula darah yang buruk. Meskipun hanya beberapa malam tanpa tidur dapat memengaruhi kadar gula darah, dan kurang tidur juga terkait dengan peningkatan hormon ghrelin, yang memicu rasa lapar.

Oleh karena itu, menjaga waktu tidur antara enam hingga delapan jam setiap malam dapat membantu mengatasi masalah ini.

Stres juga dapat menjadi penyebab rasa lapar, karena tingkat stres yang tinggi dapat memicu pelepasan hormon tertentu, seperti kortisol, yang dapat meningkatkan keinginan untuk makan. Mengelola stres dapat membantu mengatasi dorongan makan yang berlebihan.

BACA JUGA:Awas! Pria dengan 5 Tanda Ini Hanya Memanfaat Wanita demi Kepentingan Pribadi

Para ahli gizi merekomendasikan menunggu sekitar tiga jam antara waktu makan terakhir dan waktu tidur, untuk memastikan pencernaan makanan berjalan dengan baik sebelum istirahat malam. (red)

Sumber: