5 Jenis Pakaian Ini Disarankan Tidak Dicuci di Mesin Cuci, Baiknya Bawa ke Laundry

5 Jenis Pakaian Ini Disarankan Tidak Dicuci di Mesin Cuci, Baiknya Bawa ke Laundry

5 Jenis Pakaian Ini Disarankan Tidak Dicuci di Mesin Cuci-istimewa-freepik.com

Agar sutra tetap terjaga, lebih baik mencuci secara manual dengan air dingin atau bawa ke layanan laundry yang ahli dalam perawatan pakaian sutra.

3. Pakaian dengan Dekorasi Payet atau Bordir

Pakaian yang memiliki dekorasi payet atau bordir sering dianggap istimewa.

Namun, mesin cuci dapat merusak dekorasi ini dengan mudah. Gesekan dalam mesin dapat membuat payet terlepas atau benang bordir rusak.

BACA JUGA:Maskeran Dulu Atau Mandi Dulu? Tips Merawat Kulit yang Tepat

Untuk menjaga keindahan pakaian dengan dekorasi khusus ini, lebih baik mencuci dengan tangan secara lembut atau bawa ke laundry yang berpengalaman dalam perawatan pakaian dengan dekorasi serupa.

4. Pakaian Berbahan Kulit

Pakaian dari bahan kulit, seperti jaket atau celana kulit, tahan lama dan menawan. Namun, mesin cuci dapat merusak bahan ini dan menghilangkan kilau serta teksturnya.

Gunakan metode pembersihan khusus yang direkomendasikan oleh produsen atau bawa ke tukang cuci yang ahli dalam merawat pakaian kulit.

BACA JUGA:7 Langkah Mudah Menyamarkan Pori-pori Wajah, No 1 Jadi Kebiasaan Padahal Dilarang Keras

5. Pakaian Berbahan Renda

Pakaian dengan bahan renda penuh dengan detail indah, namun sangat rentan terhadap sobekan dan retakan.

Mesin cuci dapat dengan mudah merusak bahan renda. Cuci secara manual dengan lembut menggunakan air dingin dan hindari deterjen yang keras untuk merawat pakaian berbahan renda.

Selain memilih jenis, mencuci pakaian juga harus memperhatikan aspek lainnya. Disarankan Pisahkan pakaian berdasarkan warnanya sebelum mencuci.

BACA JUGA:5 Manfaat Kesehatan Kulit dari Daun Pegagan, Tanaman Liar Tepi Jalan yang Sering Diabaikan

Selain itu, gunakan deterjen yang sesuai dengan jenis pakaian. Hindari juga siklus pencucian kasar untuk pakaian yang rentan rusak.

Yang tak kalah penting, sebelum mesin bekerja, periksa kantong pakaian sebelum mencuci, terutama jika memiliki dekorasi khusus. (red)

Sumber: