Bumbu Masak Ini Berguna Bagi Kesehatan, Ampuh Mengobati 6 Penyakit, Mulai Kudis Hingga Kencing Manis

Bumbu Masak Ini Berguna Bagi Kesehatan, Ampuh Mengobati 6 Penyakit, Mulai Kudis Hingga Kencing Manis

Manfaat serai wangi untuk kesehatan-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Resep obat tradisional yang berasal dari bumbu masak sudah banyak ditemukan. Banyak penyakit yang sembuh dari racikan bumbur dapur.

Salah satunya Serai Wangi yang memiliki khasiat penyembuhan yang luas, mulai kudis, demam hingga kencing manis.

Serai Wangi yang dikenal dengan istilah citronella grass dalam bahasa Latin, merupakan salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daerah tropis Asia.

BACA JUGA:5 Manfaat Kesehatan Kulit dari Daun Pegagan, Tanaman Liar Tepi Jalan yang Sering Diabaikan

Tumbuhan Serai Wangi ini tumbuh sebagai tanaman berumpun sepanjang tahun dengan akar serabut yang cukup banyak.

Daunnya berbentuk pipih, melengkung, dan memanjang dengan tinggi tanaman bisa mencapai 1 meter.

Daun dari Serai Wangi memiliki warna hijau hingga kebiruan, sedangkan batangnya berwarna merah keunguan. Ketika diremas atau dimemarkan, serai mengeluarkan aroma wangi yang khas.

Penanaman Serai Wangi dapat dilakukan langsung tanpa memerlukan proses pengolahan khusus, terutama pada musim penghujan.

BACA JUGA:Bukan hanya Ibu Hamil, Asam Folat Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit dan Menunda Penunaan Dini

Umumnya, Serai Wangi bisa dipanen setelah mencapai usia sekitar 6 bulan, dan panen berikutnya dapat dilakukan setelah 3 bulan dari panen pertama.

Selain dikenal sebagai tanaman obat, Serai Wangi juga sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Dalam pemanfaatannya sebagai bumbu dapur, Serai Wangi dapat digunakan langsung atau diolah terlebih dahulu.

Meskipun belum ada standar mutu khusus untuk Serai Wangi, saat ini sudah ada pengolahan menjadi minyak Serai dengan standar internasional.

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Lavender untuk Rambut dan Kulit Wajah

Minyak Serai mengandung citronella yang bermanfaat sebagai pengusir serangga dan bisa digunakan secara langsung pada manusia.

Tidak hanya dalam bentuk minyak, penggunaan Serai secara langsung juga bermanfaat dalam proses penyembuhan beberapa penyakit.

Menurut publikasi buku resep tanaman obat dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Kementerian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian tahun 2019, Serai Wangi memiliki manfaat dalam penyembuhan berbagai penyakit mulai dari kudis hingga kencing manis.

BACA JUGA: Manfaat Serai untuk Kesehatan Gigi dan Kulit hingga Menurunkan Demam

Berikut manfaat dan cara pengolahan Serai Wangi untuk penyembuhan berbagai penyakit:

1. Gatal-gatal: 1 g daun sambiloto, 1 g jahe, 1 g ngokilo, 1 g akar wangi. Semua bahan ditumbuk halus menjadi bubuk, diminum 3 kali sehari.

2. Kudis: 1 genggam daun sambiloto segar, sedikit belerang. Campurannya ditumbuk hingga halus, lalu dilumurkan pada kulit yang sakit setiap hari hingga sembuh.

3. Demam akibat digigit serangga: 1 genggam daun sambiloto, air secukupnya kemudian diseduh. Diminum 1 kali sehari sebanyak 1/4 cangkir, ampasnya dioleskan pada tempat gigitan.

BACA JUGA:6 Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa untuk Rambut, Mengatasi Ketombe hingga Kutu

4. Kencing manis: 25 helai daun sambiloto, 25 helai daun kumis kucing, 110 ml air. Rebus hingga mendidih, diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml.

5. Radang usus: Daun sambiloto, air secukupnya dan diseduh. Diminum 1 kali sehari sebanyak 1/4 cangkir. Jika dibuat seduhan, diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml.

Sumber: