Bukan hanya Ibu Hamil, Asam Folat Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit dan Menunda Penunaan Dini

Bukan hanya Ibu Hamil, Asam Folat Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit dan Menunda Penunaan Dini

asam folat-istimewa-jovee.id

RASELNEWS.COM - Asam folat tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, tetapi juga memiliki kegunaan yang signifikan dalam menjaga kesehatan kulit.

Asam folat, saat ini sedang menjadi perbincangan karena kekeliruan yang terjadi ketika politikus Gibran Rakabuming menyebutnya sebagai asam sulfat.

Manfaatnya tidak hanya terbatas untuk ibu hamil, melainkan juga memiliki sejumlah manfaat penting untuk kesehatan kulit.

BACA JUGA:Buah Durian Baik Bagi Ibu Hamil, Asam Folat Cegah Cacat Lahir Bayi, Tapi...

Asam folat, bentuk sintetis dari folat yang ada secara alami dalam makanan, dikenal sebagai Vitamin B9.

Kegunaan asam folat bagi tubuh terletak pada regulasi pembentukan sel-sel baru yang sehat, termasuk sel darah merah yang mengangkut oksigen.

Berikut adalah beberapa manfaat asam folat bagi kesehatan kulit:

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Naga untuk Wanita, yang Mau Diet dan Ibu Hamil Wajib Tahu

1. Melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebihan, yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA sel kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

2. Memerangi penuaan dini pada kulit, termasuk kerutan dan garis halus, dengan merangsang produksi kolagen untuk kulit yang lebih kencang dan tampak lebih muda.

3. Membantu mencegah jerawat dengan detoksifikasi tubuh, mengurangi stres oksidatif pada kulit dan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dan komedo.

BACA JUGA:Apakah Nanas Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil? Ternyata Seperti Ini Penjelasan Lengkapnya

4. Mencerahkan kulit dengan mengatasi pigmentasi kulit yang dapat terjadi akibat kekurangan folat, sehingga memberikan tampilan yang lebih segar.

5. Menjaga kelembaban kulit dengan meningkatkan hidrasi dan melawan kekeringan pada kulit.

Asam folat bisa ditemukan secara alami dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau, buah jeruk, biji bunga matahari, biji-bijian, telur, dan makanan laut.

BACA JUGA:8 Manfaat Air Kelapa Menjelang Persalinan, Ibu Hamil Wajib Tahu, menghilangkan Mual dan Turunkan Tekanan Darah

Selain itu, makanan yang diperkaya seperti roti, pasta, dan sereal juga merupakan sumber asam folat yang baik. Susu juga merupakan sumber asam folat yang berguna.

Asam folat juga dapat ditemukan dalam suplemen, tablet, atau dalam produk perawatan kulit seperti gel, pelembab, krim, dan serum.

Lidah buaya juga merupakan sumber asam folat yang kaya, serta kandungan vitamin B12 yang dapat meningkatkan pigmentasi kulit. (red)

Sumber: