Buah Durian Baik Bagi Ibu Hamil, Asam Folat Cegah Cacat Lahir Bayi, Tapi...

Buah Durian Baik Bagi Ibu Hamil, Asam Folat Cegah Cacat Lahir Bayi, Tapi...

Buah Durian Baik Bagi Ibu Hamil, Asam Folat Cegah Cacat Lahir Bayi, Tapi...-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Siap yang tak tahu buah durian? Apalagi warga Indonesia. buah berduri tajam ini memang menjadi buah favorit bagi banyak orang, terutama di wilayah Asia Tenggara.

Selain baunya yang memiliki aroma semerbak, buah ini kaya akan nutrisi seperti folat, kalsium, magnesium, serat, tiamin, niasin, serta vitamin A, C, E, dan sebagainya.

Namun, pertanyaannya, apakah aman bagi ibu hamil untuk mengonsumsi durian? Jawabannya adalah ya, boleh.

BACA JUGA:Mudah Didapat! 5 Buah Ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Diare

Durian memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Asam folat yang terdapat dalam durian membantu mencegah cacat lahir pada bayi yang belum lahir. Selain itu, serat dalam durian sangat baik bagi ibu hamil yang mengalami masalah sembelit.

Durian juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, serta anti mikroba, sehingga aman bagi ibu hamil untuk mengonsumsinya. Kandungan antioksidan dalam durian membantu melindungi ibu hamil dari radikal bebas dan polutan.

BACA JUGA:Tak Perlu ke Salon Apalagi Operasi, Buah Satu Ini Patahkan Kalimat Cantik Itu Mahal
Namun demikian, ibu hamil perlu mengatur porsi makan durian dengan bijak.

Konsumsi berlebihan dapat berdampak pada peningkatan berat badan bayi yang belum lahir. Jika bayi terlalu besar, ini bisa meningkatkan risiko kesulitan saat proses persalinan.

Durian memiliki kandungan kalori dan gula yang cukup tinggi, yang dapat mempengaruhi peningkatan berat badan ibu hamil. Biasanya, kenaikan berat badan ideal selama kehamilan berkisar antara 12-16 kilogram.

BACA JUGA:Semangka Densuke: Buah Hitam Asal Jepang Seharga Mobil, Mau Coba?

Ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh ibu hamil saat mengonsumsi durian, seperti membatasi porsi hingga 2 potong, memilih durian yang tidak terlalu matang atau berdaging tebal untuk menghindari kolesterol berlebihan, dan pastikan untuk minum banyak air putih setelah mengonsumsi durian. (red)

Sumber: