Kandungan Skincare yang Dinilai Aman untuk Ibu Hamil, Tips Menjaga Kulit Masa Kehamilan

Kandungan Skincare yang Dinilai Aman untuk Ibu Hamil, Tips Menjaga Kulit Masa Kehamilan

Tips menjaga kulit saat hamil-istimewa-freepik.com

RASELENWS.COM - Masa kehamilan adalah periode yang penuh kegembiraan bagi banyak orang.

Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh seorang ibu ketika dia sedang hamil dan membawa sang buah hati yang sangat dicintai.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan dan rutinitas yang perlu disesuaikan selama masa kehamilan. Salah satunya adalah perawatan kulit. Lantas apa saja kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil?

BACA JUGA:Cara Membuat Masker Alami Untuk Kulit Berjerawat, Wajah Bersih Jerawatpun Pergi

Sebagian besar produk perawatan tubuh yang tersedia secara bebas di pasaran (dikenal sebagai produk over-the-counter) umumnya dianggap aman untuk penggunaan sehari-hari.

Namun, selama kehamilan dan saat menyusui, ada beberapa bahan yang biasa dianggap aman untuk digunakan sehari-hari, dan tidak memiliki risiko efek samping pada janin yang sedang dikandung.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil.

Berikut adalah rangkuman mengenai kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil, serta daftar bahan skincare yang perlu dihindari:

BACA JUGA:Mengatasi Jerawat dan Penunaan Dini, Berikut Manfaat Sirih Merah untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Kandungan Skincare Aman untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa alternatif kandungan skincare yang diizinkan untuk ibu hamil, yang dapat membantu mengatasi masalah kulit yang umum terjadi selama kehamilan:

1. Jerawat dan Hiperpigmentasi

Jika Anda memiliki masalah kulit berjerawat atau mengalami peningkatan hiperpigmentasi selama kehamilan, terdapat beberapa alternatif yang lebih aman selain menggunakan produk yang mengandung retinoid. Salah satunya adalah asam glikolat (glycolic acid).

Penggunaan asam glikolat dalam jumlah besar tidak disarankan selama kehamilan, tetapi kemungkinan keamanannya tinggi dalam jumlah kecil yang umumnya terdapat dalam produk perawatan kecantikan OTC.

BACA JUGA:Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Wajah, Begini Cara Mengolahnya

Asam glikolat dan bahan sejenis lainnya seperti asam azelaic, dapat membantu mengurangi garis-garis halus, mencerahkan warna kulit, serta mengurangi pigmentasi kulit yang berlebihan.

ACOG mendukung penggunaan asam glikolat dan azelaic sebagai kandungan skincare yang aman untuk mengobati jerawat selama kehamilan, bersama dengan benzoil peroksida topikal dan asam salisilat topikal.

2. Kulit Kendur dan Keriput

Sama seperti halnya menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas dalam tubuh, antioksidan topikal seperti vitamin C, dapat membantu meningkatkan kekuatan kulit secara aman, melindungi kulit dari kerusakan dan memelihara kolagen.

BACA JUGA:Manfaat Kulit Semangka untuk Merawat Wajah

Antioksidan topikal lainnya yang dapat dicoba dalam produk perawatan kulit selama kehamilan termasuk Vitamin E, teh hijau, resveratrol

Harap diingat bahwa suplemen resveratrol secara oral sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba suplemen apapun, terutama jika Anda sedang hamil atau berencana hamil.

3. Kulit Kering dan Stretch Mark

Sudah diketahui bahwa sang Buah Hati dalam kandungan membutuhkan banyak nutrisi dari tubuh ibu.

Jika pada suatu waktu bayi memerlukan banyak cairan, ia akan mengambilnya dari tubuh ibunya. Selain perubahan hormon, hal ini dapat menyebabkan kulit ibu hamil menjadi sangat kering.

Sumber: