Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Wajah, Begini Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Wajah, Begini Cara Mengolahnya

Manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh dan kulit wajah-istimewa-

RASELNEWS.COM - Apabila kamu melihat di sekitar rumahmu, mungkin terdapat tanaman berdaun hijau dengan batang merah, tumbuh dalam kelompok dan merambat.

Ini bisa jadi tanaman binahong. Di Indonesia, tanaman ini sering ditanam di rumah karena dianggap sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat, terutama dalam hal kesehatan dan perawatan kulit.

BACA JUGA:3 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan, Efektif Mencegah Penyakit Mematikan Bagi Wanita

Tanaman ini memiliki nama latin Anredera cordifolia atau Madeira vine leaves dalam bahasa Inggris.

Meskipun berasal dari daratan China, tanaman binahong telah tersebar luas dan dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Banyak orang di sini mencari manfaat dari daun binahong untuk perawatan kulit dan kesehatan tubuh, baik dengan merebusnya atau menjadikannya sebagai obat herbal dalam kapsul.

Apa saja manfaat dari daun binahong? Bagaimana cara mengolahnya dan apa fungsi dari daun binahong merah untuk kesehatan?

BACA JUGA:Peluang Bisnis Kelas Kakap di Bengkulu, Belum Ada Saingan, Dijamin Untung Miliaran

Manfaat Daun Binahong

Perlu diketahui, daun binahong, terutama yang berwarna merah, mengandung saponin, alkaloid, asam askorbat, antioksidan, dan minyak atsiri.

Kandungan-kandungan ini bermanfaat untuk wajah dan kesehatan tubuh.

1. Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah

Manfaat tersembunyi dari daun binahong merah adalah untuk perawatan kulit. Kandungan antioksidannya membantu merawat kulit wajah dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

BACA JUGA:Legenda Puyang Pekik Nyaring Dari Bengkulu, Sakti Mandra Guna, Berubah Jadi Buaya

Cara mengolah daun binahong merah cukup mudah. Pertama, haluskan beberapa lembar daun binahong merah yang telah dicuci bersih, lalu oleskan pada wajah selama 10 menit. Bilas wajah dengan air hingga bersih.

Meskipun merupakan tanaman herbal, penting untuk mencoba sedikit pada bagian kulit yang tidak terlihat terlebih dahulu, seperti lengan bagian dalam atau belakang telinga, untuk memeriksa apakah ada reaksi alergi.

Jika tidak ada reaksi, dapatkan manfaatnya. Namun, jika terjadi reaksi alergi, hentikan penggunaannya.

BACA JUGA:Menarik, Lunasi Pajak Kendaraan, Dapat Kopi Gratis di Rumah Makan Berkelas

2. Membantu Penyembuhan Luka

Selain manfaat untuk wajah, daun binahong juga dikenal membantu dalam penyembuhan luka karena kandungan minyak atsiri dan asam askorbat.

Kedua bahan ini membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan memudarkan bekas luka.

Untuk menyembuhkan luka, haluskan beberapa lembar daun binahong yang telah dibersihkan, lalu oleskan pada area yang terluka. Gunakan perban jika perlu, untuk melindungi luka dari infeksi.

3. Membantu Mengatasi Wasir

Sumber: