3 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan, Efektif Mencegah Penyakit Mematikan Bagi Wanita

3 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan, Efektif Mencegah Penyakit Mematikan Bagi Wanita

3 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan, Efektif Mencegah Penyakit Mematikan Bagi Wanita -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Tahu, produk kedelai yang mudah diolah, memiliki harga terjangkau, serta cita rasa lezat, telah menjadi favorit banyak orang.

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, tahu juga kaya akan nutrisi yang baik, salah satunya sebagai sumber protein.

Bukan hanya itu, tahu ternyata mencegah salah satu penyakit mematikan bagi wanita yakni kanker payudara.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Sayur, Brokoli Berperan Penting Mencegah Kanker dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut laporan dari thehealthy.com, Sharon Palmer, RDN, seorang ahli gizi terdaftar yang mengkhususkan diri dalam pangan nabati dan gaya hidup berkelanjutan, mengemukakan bahwa produk kedelai seperti tahu memiliki keunikan karena memiliki kualitas protein tertinggi di antara sumber protein nabati lainnya.

"Sama seperti daging, ikan, unggas, telur, dan produk susu, tahu mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan pasokan protein sendiri," ungkapnya.

Dengan kandungan nutrisinya, tahu membawa berbagai manfaat kesehatan. Apa saja manfaat tahu bagi kesehatan? Berikut manfaatnya:

BACA JUGA:Bumbu Masak Ini Berguna Bagi Kesehatan, Ampuh Mengobati 6 Penyakit, Mulai Kudis Hingga Kencing Manis

1. Mencegah Kanker Payudara

Mungkin ada kekhawatiran sebagian orang terhadap konsumsi tahu karena kandungan estrogen yang tinggi, yang dianggap dapat memicu pertumbuhan kanker payudara tertentu.

Namun, menurut penjelasan Desiree Nielsen, RD, penulis Eat More Plants: Over 100 Anti-Inflammatory, Plant-Based Recipes for Vibrant Living, hal ini bukanlah permasalahan yang sesungguhnya.

"Makanan dari kedelai mengandung fitoestrogen alami seperti isoflavon, yang memiliki efek penyeimbang lebih besar terhadap kadar hormon tubuh," terangnya.

Jadi, menghindari tahu karena takut terkena kanker payudara adalah kesalahan.

BACA JUGA:Favorit Warga +62! Nih Risiko Tersembunyi Makanan Berminyak Bagi Kesehatan, Mulai Kanker Hingga Kolesterol

Sebaliknya, konsumsi tahu justru dapat membantu mencegah kanker payudara. Ini diperkuat oleh hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One pada tahun 2020.

Setelah meninjau 14 penelitian, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi tahu secara rutin memiliki kemungkinan 22 persen lebih rendah untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi tahu dalam jumlah yang lebih sedikit.

2. Kesehatan Jantung

Menurut Alex Caspero, RD, seorang ahli diet terdaftar dan koki pangan nabati di St. Louis, Missouri, ada alasan mengapa American Heart Association menyarankan konsumsi asupan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu.

BACA JUGA:Bukan Hanya Wortel, Jagung Juga Baik untuk Kesehatan Mata dan Tubuh

Kedelai diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta kolesterol total dalam tubuh.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation pada tahun 2020 yang melibatkan 289.900 orang menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi tahu satu porsi atau lebih per minggu memiliki kemungkinan 18 persen lebih rendah untuk menderita penyakit jantung koroner dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi tahu kurang dari sebulan sekali.

3. Potensi Pemeliharaan Umur Panjang

Manfaat lainnya dari tahu adalah potensinya dalam memperpanjang umur.

BACA JUGA:5 Manfaat Kesehatan Kulit dari Daun Pegagan, Tanaman Liar Tepi Jalan yang Sering Diabaikan

Sumber: