Mengapa Uang Koin Rp 1000 Kelapa Sawit Bisa Dihargai Ratusan Juta? Ini Kata BI

Mengapa Uang Koin Rp 1000 Kelapa Sawit Bisa Dihargai Ratusan Juta? Ini Kata BI

Harga uang koin 1000 kelapa sawit-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Uang logam pecahan Rp1.000 dengan gambar kelapa sawit ternyata ada memiliki nilai jual yang mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini disebabkan oleh kelangkaan koin kelapa sawit tersebut.

Diketahui, terhitung 1 Desember 2023, Bank Indonesia (BI) mencabut dari peredaran Uang logam pecahan Rp500 yang menggambarkan bunga Melati (tahun emisi 1991 dan 1997) dan Rp1.000 yang menampilkan gambar kelapa sawit (tahun emisi 1993).

BACA JUGA:Masih Dicari Kolektor! Uang Koin Kuno Ini Dihargai 1 Unit Mobil, Mungkin Ada Punya?

BI mengambil langkah ini karena masa peredaran sudah cukup lama serta adanya perkembangan dalam teknologi bahan atau material uang logam yang berbeda.

Meskipun ditarik dari peredaran oleh BI, nilai jual koin tersebut bisa mencapai ratusan juta.

Koin logam kelapa sawit masih dapat ditukarkan di Bank Umum apabila masih dimiliki oleh masyarakat.

Proses penukaran ini berlangsung dari 1 Desember 2023 hingga 1 Desember 2033 dan dapat dilakukan di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Kenali Ciri-cirinya! Berikut 3 Uang Koin Mengandung Emas Ini yang Dihargai Rp 200 Juta

Pemesanan penukaran uang logam bisa dilakukan melalui aplikasi PINTAR atau juga bisa mengakses websiter https://www.pintar.bi.go.id.

Segala proses penukaran harus mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan terkait jam operasional dan layanan publik Bank Indonesia.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko menjelaskan, penjualan uang koin hingga mencapai nilai ratusan juta rupiah tidak menjadi masalah karena bagi para kolektor, nilai sejarah dan seni yang terkandung di dalamnya sangatlah tinggi.

BACA JUGA:Sering Buat Kerok! Uang Koin Ini Dihargai Ratusan Juta? Berikut Ciri-cirinya

"Masyarakat diperbolehkan untuk menjual ataupun membeli uang koin tersebut dengan harga apapun," ujar Onny.

Sementara itu, seorang penjual dari toko online dengan nama Nafisha04_Shop menyebutkan alasan mengapa uang koin Rp1.000 kelapa sawit dapat dijual dengan harga yang tinggi bahkan hingga mencapai Rp100 juta.

Dia juga mengungkapkan bahwa ia telah mengumpulkan uang koin tersebut selama 10 tahun. Terdapat dua cara untuk menjual uang koin logam kelapa sawit tersebut.

Pertama, menjualnya kepada komunitas kolektor uang kuno.

BACA JUGA:10 Uang Koin Kuno Termahal dan Paling Dicari Kolektor Dunia, Nomor 1 Dihargai Rp 142,6 Miliar, Anda Punya?

Kedua, menjualnya kepada pedagang uang kuno yang biasanya dapat ditemui di pinggir jalan atau sudut kota. Masyarakat juga dapat menjualnya melalui situs E-commerce yang bersangkutan. (red)

Sumber: