Tak Perlu Parfum, Begini Cara Agar Tubuh Tetap Wangi Sepanjang Hari

Tak Perlu Parfum, Begini Cara Agar Tubuh Tetap Wangi Sepanjang Hari

Cara Agar Tubuh Tetap Wangi Sepanjang Hari -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Mempertahankan keharuman tubuh sepanjang hari saat menjalani rutinitas sangatlah penting.

Membuat tubuh tetap segar dan tanpa bau tidak hanya menjaga kenyamanan Anda, tetapi juga memberikan kesan yang baik pada orang-orang di sekitar Anda.

Jika Anda ingin menjaga keharuman tubuh tanpa menggunakan parfum, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Bekas Bopeng Jerawat Secara Alami, Solusi Wajah Bersih dan Glowing

1. Menjaga kebersihan tubuh secara rutin

Kebersihan tubuh sangat berkaitan dengan aroma yang ditimbulkan. Selain genetika, makanan yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi bau tubuh. Untuk mengurangi bau badan yang dipengaruhi genetika, upayakan untuk lebih sering mandi atau menggunakan pakaian dengan bahan yang mendukung sirkulasi udara pada kulit.

Terkait dengan makanan, membatasi konsumsi makanan tertentu seperti brokoli, bawang putih, dan ikan dapat membantu mengurangi bau tubuh. Namun yang terpenting, tetap menjaga kebersihan tubuh dengan baik.

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Racun Pada Ikan Tongkol, Mudah dan Praktis, Ini Caranya

Frekuensi mandi tergantung pada jenis kulit, aktivitas, dan preferensi pribadi. Idealnya, mandilah sekali sehari dan fokuslah pada membersihkan bagian tubuh yang cenderung menghasilkan banyak keringat, seperti ketiak, pangkal paha, dan pantat.

2. Menggunakan deodoran dan antiperspiran

Penggunaan deodoran dan antiperspiran adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan tubuh dan mencegah aroma yang tidak diinginkan. Pada hari-hari yang aktif, perlu untuk menggunakannya.

Selain itu, bedak talk dapat membantu mencegah gesekan kulit, terutama di area yang rentan terhadap gesekan, seperti bawah payudara atau antara paha.

BACA JUGA:Cara Membuat Masker Kunyit untuk Mencegah Penuaan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Hindarilah penggunaan pakaian berbahan polyester, karena bahan tersebut dapat menahan keringat dan bakteri yang kemudian menyebabkan bau tidak sedap.

3. Memperhatikan kebersihan rambut

Menurut American Academy of Dermatology, membersihkan kulit kepala dengan menggunakan sampo secara teratur dapat mencegah timbulnya bau yang tidak diinginkan pada rambut.

Membersihkan area kulit kepala dengan baik saat keramas akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih.

BACA JUGA:Cara Menjaga Tubuh Tetap Awet Muda di Usia 30 Tahun

4. Bau Mulut

Bau mulut sering kali disebabkan oleh kurangnya kebersihan mulut. Meskipun telah menjaga kebersihan gigi dengan baik, kadang-kadang bau mulut masih bisa muncul.

Untuk menjaga kesehatan gigi, disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit setiap kali, dan menggunakan benang gigi sekali sehari untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan.

Setelah mengonsumsi makanan seperti bawang putih, bawang bombay, atau tuna, segera sikat gigi. Selain itu, minumlah banyak air untuk menghindari mulut kering yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Mengunyah permen mint atau menggunakan obat kumur juga bisa membantu.

BACA JUGA:Manfaat Bawang Putih untuk Kulit dan Rambut, Begini Cara Menggunakannya dengan Tepat

5. Menggunakan sabun tanpa aroma

Produk sabun yang bersih namun tidak memiliki aroma khusus dapat menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang tidak suka menggunakan parfum.

Sumber: