Pertamina Enduro VR46 Racing Team Resmi Meluncur, Ini Kata Valentino Rossi

Pertamina Enduro VR46 Racing Team Resmi Meluncur, Ini Kata Valentino Rossi

Pertamina Enduro VR46 Racing Team-istimewa-tangkapan layar youtube iwan banaran

RASELNEWS.COM - Pertamina Enduro VR46 Racing Team menjadi tim MotoGP ketiga yang secara resmi mengungkapkan warna-warni dan line-up timnya untuk musim 2024, menyusul rilis resmi Ducati Lenovo dua hari sebelumnya.

Meskipun begitu, tim ini mencatatkan diri sebagai tim satelit kedua yang melakukan pengenalan resmi. Acara ini berlangsung pada 24 Januari 2024 di Riccione, Italia.

Secara resmi, tim ini juga memperkenalkan brand Pertamina Enduro sebagai sponsor utama (Title Sponsor) dari VR46 Racing Team MotoGP.

BACA JUGA:Cina Gempur Pasar Mobil Indonesia, Februari Mendatang 3 Mobil Listrik Murah Diluncurkan, Pesaing Ketar Ketir

Kontrak antara keduanya berlangsung selama 3 tahun, mulai dari 1 Januari 2024 hingga 31 Desember 2026.

Untuk musim 2024, tim ini akan dipimpin oleh duet Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio, keduanya akan mengendarai Ducati Desmosedici GP23.

Secara umum, desain kedua motor Ducati Desmosedici GP23 milik Pertamina Enduro VR46 Racing Team, yang akan digunakan oleh Bezzecchi dan Di Giannantonio pada musim 2024, masih mengusung dasar warna kuning fluo dengan gradasi ke putih di beberapa bagian seperti front cowl, tangki, dan buritan.

BACA JUGA:7 Mobil Bandel Paling Irit BBM, 20 Kilometer Hanya Butuh 1 Liter BBM, Hargannya Turun, Ini Jenis Mobilnya

Desain grafis motor ini dikerjakan oleh Aldo Drudi dari Drudi Performance. Namun yang jelas, kehadiran VR46 Racing Team, yang bisa dianggap sebagai pemain baru di kelas utama MotoGP, ternyata telah mencapai performa gemilang dalam waktu singkat.

Dalam dua tahun, mereka bahkan berhasil membawa rider mereka menjadi runner-up di MotoGP. Saat konferensi pers khusus MotoGP di Sirkuit Syria pada 2021, Valentino Rossi mengumumkan pensiunnya, menjadi momen sedih bagi banyak penggemar.

Sebelum pensiun, Rossi sudah mempersiapkan segala hal untuk penerusnya. Sejak 2014, ia membentuk VR Racing Team untuk mendukung pebalap Italia dari kelas Moto3 hingga MotoGP.

BACA JUGA:5 Mobil SUV Harga Rp 70 Jutaan, Mesin Tanguh, Perawatan Mudah, Cocok Untuk Kendaraan Mudik Lebaran

Pada 2022, VR46 Racing Team resmi menjadi bagian dari kelas utama MotoGP. Tim ini diperkuat oleh dua pebalap, Luca Marini dan Marco Bezzecchi, yang juga merupakan bagian dari VR46 Rider Academy di bawah bimbingan Rossi.

Terhitung 1 Januari 2024, Pertamina resmi menjadi sponsor utama VR46. Tim tersebut akan dikenal sebagai Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Kerjasama ini dianggap sebagai sinergi strategis antara keduanya. Pertamina Lubricants, produsen pelumas asal Indonesia, telah mendunia dengan produk seperti Fastron Enduro, Mesran, dan Mediteran.

VR46 Racing Team, meskipun baru, telah menunjukkan performa yang patut diacungi jempol di MotoGP.
Direktur tim VR46 Racing Team, Alessio Salucci, meyakini kerjasama ini akan semakin mendekatkan para penggemar di Indonesia kepada tim balap VR46.

BACA JUGA:Edan! Yamaha Rilis Scorpio Reborn, Desain Benar-benar Memukau, Sporty dan Berfitur Canggih

Sementara itu, Pertamina Lubricants juga yakin bahwa kemitraan ini akan meningkatkan citra produk mereka secara global.

Pada musim depan, akan ada perubahan dalam tim, di mana Marco Bezzecchi akan tetap bertahan, sementara Luca Marini akan digantikan oleh Fabio Di Giannantonio.

Sumber: