Bangga! 7 Motor Buatan Indonesia Ini Laku Keras di Luar Negeri, Roda 2 Hingga Roda 3

Bangga! 7 Motor Buatan Indonesia Ini Laku Keras di Luar Negeri, Roda 2 Hingga Roda 3

Motor buatan indonesia yang laris di luar negeri-istimewa-youtube studi langit

Komponen lokal meliputi desain motor, powertrain, ban, dan sebagainya, sementara komponen impor melibatkan chip, sistem suspensi, dan panel display.

Ketiga, Viar adalah motor buatan Indonesia. Viar adalah merek sepeda motor roda tiga yang populer di pasar nasional.

Meskipun beberapa komponennya diimpor dari Taiwan dan China, Viar dirakit di Kota Semarang. Selain fokus pada roda tiga, Viar juga merilis sepeda motor di segmen lain, termasuk motor touring, adventure, dan bahkan motor listrik.

BACA JUGA:'Honda Vario' Dipaksa Jadi Motor Listrik, Dijual Cuma Rp 15 Juta, Intip Jeroannya

Keempat, motor Happy juga sering disangka buatan China, padahal motor ini asli buatan dalam negeri oleh PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor.

Pada awal 2000-an, motor Happy berhasil mencuri perhatian meskipun Yamaha, Suzuki, Honda, dan Kawasaki sedang populer.

Happy terkenal sebagai motor roda tiga dan merilis sepeda motor sport berdesain retro seperti Happy Classic CS200 dan motor trail Happy Trail RX200.

Kelima, Kaisar sering kali disangka sebagai merek motor dari China, padahal Kaisar juga merupakan produk pabrikan Indonesia.

BACA JUGA:Motor Skutik Yamaha Ini Hanya 25 Unit di Indonesia, Hanya Kolektor Matic yang Punya

PT Kaisar Motorindo Industri mengklaim bahwa Kaisar adalah hasil karya Indonesia, seperti Viar dan Happy yang telah dibahas sebelumnya.

Kaisar fokus pada motor roda tiga dengan seri Triseda, dan juga merilis motor roda dua seperti Ruby V250 yang mirip dengan Harley Davidson secara fisik.

Keenam, Soib, meskipun misteri seputar produksinya, merupakan produk motor asli Indonesia di bawah naungan importir Hobi Motor.

Soib mengadopsi teknologi dari Prancis, memberikan sentuhan rasa Eropa pada produk ini. Soib memiliki dua varian sepeda motor andalan, yaitu Adventure dan Racer Night Adventure untuk para petualang. Sementara racer cocok untuk pecinta desain klasik.

BACA JUGA:Jupiter Bangkit, Motor Bebek Yamaha Ini Tampil Lebih Langsing, BBM Lebih Irit Dari Honda Beat, Harga 15 Jutaan

Ketujuh, GasGas, motor lokal yang fokus pada offroad atau trail. PT Gas-Gas Indonesia resmi hadir di Indonesia sekitar tahun 2014 dengan sejumlah tipe sepeda motor trail berkapasitas 150 cc hingga 450 cc.

Sumber: