Air Putih Kerap Disepelekan, Padahal Banyak Manfaat Bagi Tubuh, Berikut Daftarnya

Air Putih Kerap Disepelekan, Padahal Banyak Manfaat Bagi Tubuh, Berikut Daftarnya

Manfaat minum air putih-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Seperti diketahui, tubuh manusia memiliki kandungan cairan sebesar 60 sampai 70 persen dari berat badan. Oleh karena itu, menjaga kebutuhan cairan sangatlah penting agar masalah kesehatan dapat dihindari.

Konsumsi air putih sangat disarankan karena memiliki manfaat terik bagi tubuh. air putih dapat mencegah berbagai masalah kesehatan.

air memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk tingkat hidrasi yang diperlukan sebagai bahan bakar sel serta untuk menjaga fungsi otak dan bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Sayur, Ini 6 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan, Cegah Serangan Penyakit Ini

Namun, banyak orang yang tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh mereka setiap hari, bahkan memilih minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti minuman manis.

Oleh karena itu, penting untuk memahami berbagai dampak negatif dari kurang minum air putih bagi kesehatan tubuh.

Pertama, penurunan fungsi kognitif dapat terjadi. Kekurangan air dapat mengganggu fungsi kognitif, termasuk kesulitan berkonsentrasi, penurunan kemampuan memori, dan gangguan pada waktu reaksi.

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Amla untuk Kesehatan

Kedua, gangguan fisik dapat terjadi. Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, kurangnya air liur, serta rasa haus yang berlebihan. Kulit juga dapat menjadi kering dan kurang elastis.

Ketiga, gangguan pada sistem pencernaan juga mungkin terjadi. Kekurangan air dapat menyebabkan konstipasi karena kurangnya cairan dalam usus yang diperlukan untuk pencernaan yang lancar. Ini juga dapat menyebabkan gangguan sirkulasi per ovaskular.

Keempat, dehidrasi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Ketika tubuh kekurangan cairan, volume darah berkurang, yang dapat menyebabkan peningkatan kerja jantung untuk memompa darah.

BACA JUGA:Minum Kopi Sebelum Olahraga Baik untuk Kesehatan, Ada 4 Manfaat Tersembunyi yang Harus Kamu Tahu

Kelima, gangguan pada regulasi suhu tubuh juga bisa terjadi. Air sangat penting untuk mengatur suhu tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh sulit menjaga suhu normal, yang dapat meningkatkan risiko kelelahan, pusing, dan stroke.

Keenam, gangguan pada fungsi ginjal dapat terjadi. Dehidrasi dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal karena kurangnya cairan untuk membersihkan limbah dan racun dari tubuh. Ini dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Penting untuk diingat bahwa dampak dehidrasi dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya dan durasi kekurangan cairan.

BACA JUGA:Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Oleh karena itu, sangat penting untuk minum air secara teratur dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh guna menjaga kesehatan secara keseluruhan. (and)

Sumber: