Ini Kerugian Mengubah Ukuran Ban Mobil Standar, Fatal Akibatnya

Ini Kerugian Mengubah Ukuran Ban Mobil Standar,  Fatal Akibatnya

Ini Kerugian Mengubah Ukuran Ban Mobil Standar, Fatal Akibatnya-istimewa-tangkapan layar youtube panda bewok

RASELNEWS.COM - Siapa yang menyangka bahwa ukuran ban mobil Escudo tahun 2004 begitu besar? Profilnya memiliki ukuran 1958 puluh ring15 dengan diameter 27,3 inci yang terlihat tebal dan gagah.

Bandingkanlah dengan profil ban standar new Rush tahun 2020 yang memiliki ukuran 215 60 ring17 dengan diameter 27,2 inci.

Meskipun secara tampilan dan ukuran diameter ban Escudo lebih besar, apakah aman jika velg dan ban Escudo dipasang langsung di mobil new Rush untuk membuatnya terlihat lebih gagah?

BACA JUGA:Mobil Murah BYD Sudah Dikirim ke Dealer, Harganya 200 Jutaan, Mobil Listrik Canggih, Pesaing Rize dan Rocky

Para penyuka ban besar seperti ini sering melakukan hal yang sama dengan mobil Kijang, Inova, Avanza, CRV, X-trail, bahkan mobil Wuling.

Penggunaan ban besar memang membuat tampilan mobil terlihat lebih gagah, namun ada kerugian yang perlu diperhatikan.

kerugian pertama adalah mesin mobil akan menjadi lemah. Setiap pabrikan mobil telah merancang tenaga mesin sesuai dengan ukuran ban yang digunakan.

Mobil dengan tenaga mesin besar umumnya juga akan memiliki ukuran ban yang besar. Memasang ban dengan diameter yang lebih besar dan lebih berat dari standarnya akan membuat mesin dan komponen mobil kesulitan bekerja maksimal.

BACA JUGA:Bugatti, Mobil Super Mewah yang Belum Tentu Dimiliki Para Sultan, Ini Alasannya

Mobil dengan ban lebih besar sering kesulitan melintasi tanjakan, dan hal ini dapat merusak komponen mesin seperti gear transmisi, kopling, dan garden.

Kerusakan juga bisa terjadi pada kaki-kaki mobil dan bagian steering, selain konsumsi bahan bakar yang semakin boros.

Kerugian kedua adalah keamanan dan kenyamanan mobil. Mobil dengan ban lebih besar akan memiliki ketinggian yang lebih tinggi, mengubah titik keseimbangan dan meningkatkan risiko terguling saat melintasi tikungan atau melaju kencang di jalanan tol.

BACA JUGA:Rubicon Versi Murah Meluncur! Berikut Deretan Mobil Gagah dan Tangguh Setara Rubicon Dari GWM

Pengendalian setir juga bisa menjadi buruk, yang sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan tol.

Kerugian lain termasuk traksi yang kurang di jalanan basah, kekerasan ban yang membuatnya tidak nyaman, dan kebisingan saat melintasi jalanan.

Kerugian ketiga adalah disfungsi indikator dan kesulitan lainnya. Penggunaan ban yang lebih besar dapat mengurangi fungsi sensor keamanan dan membuat speedometer tidak akurat, yang penting bagi setiap pengendara.

Radius putar mobil juga menjadi lebih lebar, menyulitkan saat melintasi jalanan yang sempit.

Sumber: