Cara Menangkal Sambaran Petir yang Digunakan Gedung Tinggi

Cara Menangkal Sambaran Petir yang Digunakan Gedung Tinggi

Alat penangkal petir-istimewa-tangkapan layar youtube autoexpose

RASELNEWS.COM - Musim hujan membawa banyak risiko bencana, salah satunya adalah sambaran petir yang cenderung menyambar tempat-tempat tinggi.

Namun, bagaimana gedung-gedung tinggi dan rumah dengan antena tinggi bisa terhindar dari sambaran petir? Ada alat yang disebut penangkal petir yang dapat melindungi bangunan tersebut.

Alat apa itu? Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui bahwa petir adalah peristiwa alam yang tidak bisa dihindari.

BACA JUGA:Semakin Religius, Desa Air Batang Kaur Gelar Takbir sekeliling

Petir hanya akan menyambar titik terdekat dengan sumbernya, yaitu awan hitam yang mengandung muatan negatif, sementara tanah memiliki muatan positif.

Karena jarak antara awan dan tanah jauh, gaya tarik menarik antara keduanya kecil dan tidak menyebabkan sambaran petir.

Namun, pohon, tiang, atau bangunan yang menempel pada tanah akan menyalurkan muatan positif hingga ke ujungnya, sehingga membuatnya menjadi titik dekat dengan awan, di mana gaya tarik menarik lebih kuat dan menyebabkan terjadinya sambaran petir.

BACA JUGA:Ringankan Warga, Pemdes Wayhawang Kaur Bagi-bagi Jaring

Penangkal petir memiliki konduktansi tinggi dan mampu menarik petir dengan menyalurkan lebih banyak muatan positif dari dalam tanah.

Ketika petir menyambar penangkal petir, titik-titik tinggi sekitarnya menjadi aman dari sambaran petir.

Penangkal petir terdiri dari tiga bagian utama yakni terminal, kabel penghubung, dan loading terminal. Terminal terbuat dari bahan dengan daya hantar yang baik, seperti tembaga, dan dipasang di titik tertinggi bangunan untuk menerima sambaran petir.

BACA JUGA:Mobil Murah BYD Sudah Dikirim ke Dealer, Harganya 200 Jutaan, Mobil Listrik Canggih, Pesaing Rize dan Rocky

Kabel penghubung menghubungkan head terminal dan grounding terminal, sementara loading terminal tertanam dalam tanah untuk membuang listrik bermuatan negatif dari petir langsung ke tanah yang muatannya positif, menetralkannya.

Dengan demikian, penangkal petir tidak hanya mencegah terjadinya sambaran petir, tetapi juga menetralkan energi listrik yang terkandung dalam petir, menjadikannya aman bagi bangunan di sekitarnya. (and)

Sumber: