Ini Alasan Mengapa Ganti Oli Mesin Harus Tepat Waktu

Ini Alasan Mengapa Ganti Oli Mesin Harus Tepat Waktu

Ini Alasan Mengapa Ganti Oli Mesin Harus Tepat Waktu-istimewa-tangkapan layar youtube anjar ardis

RASELNEWS.COM - Prosedur penggantian oli mesin adalah salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan dalam setiap layanan kendaraan.

Meskipun terdapat rekomendasi tentang seberapa sering penggantian oli mesin harus dilakukan, pertanyaan mendasar mengapa oli harus diganti secara teratur muncul.

Apa yang akan terjadi jika kita mengabaikannya? Untuk memahami pentingnya ini semua, Anda harus memahami apa itu peran oli dalam mesin.

BACA JUGA:Perbedaan Honda Stylo 160 dan Scoopy, Dari Desain, Mesin, Hingga Harga

Mesin kendaraan terdiri dari piston yang bergerak naik-turun di dalam silinder. Meskipun piston dan silinder seharusnya tidak bersentuhan secara langsung, namun celah di antara keduanya dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

Ini disebabkan oleh udara yang seharusnya dikompres yang dapat bocor melalui celah-celah ini.

Inilah mengapa piston dilengkapi dengan sepasang ring yang berfungsi untuk menutupi celah tersebut.

Ring ini terbuat dari bahan yang bersentuhan langsung dengan silinder dan memiliki lapisan tipis oli di antara keduanya.

BACA JUGA:Mobil SUV Bekas Harga Rp 80 Jutaan Ini Dijamin Buat Anda Betah, Peforma Mesin Tak Perlu Ragu

Meskipun terjadi gesekan, oli ini memastikan gerakan piston tetap lancar dan minim gesekan.

Ketika terjadi pembakaran, sisa material pembakaran dapat menempel pada dinding silinder. Saat piston bergerak ke atas, material ini bisa tercampur dengan oli di dalam ruang mesin.

Meskipun jumlahnya kecil, dalam jangka panjang material ini dapat mengubah warna oli menjadi lebih gelap. Ini adalah proses normal yang terjadi pada setiap kendaraan yang telah digunakan dalam waktu lama.

BACA JUGA:Motor Bebek Mesin 110 CC Ini DiJual di Bawah Rp 10 Juta, Honda BeAT Mulai Khawatir

Namun, jika oli yang sudah terkontaminasi dengan sisa pembakaran ini dipaksakan untuk tetap digunakan, maka material padat berukuran mikro tersebut dapat menyebabkan aus pada komponen mesin.

Ini karena partikel-partikel padat tersebut dapat menggores permukaan komponen mesin saat bergerak di antara celah-celahnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengganti oli secara rutin agar mesin tetap beroperasi dengan baik dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh kontaminasi oli.

BACA JUGA:Cara Engine Brake, Teknik Ngerem Tanpa Pakai Rem pada Motor Matic

Jangan biarkan warna oli menjadi gelap karena hal ini dapat menandakan bahwa oli telah terkontaminasi dan perlu segera diganti. (and)

Sumber: