4 Jenis Obat Ini Ternyata Bisa Merusak Hati, Nomor 1 Paling Populer

4 Jenis Obat Ini Ternyata Bisa Merusak Hati, Nomor 1 Paling Populer

4 Jenis Obat Ini Ternyata Bisa Merusak Hati -istimewa-tangkapan layar youtube dr emasuperr

RASELNEWS.COM - Berikut ini 4 obat yang bisa merusak hati,yang diantaranya paling populer dan kerap diterima para pasien misalnya terserang demam.

Hati memiliki peran vital dalam tubuh, termasuk dalam mendetoksifikasi obat-obatan. Beberapa zat yang biasanya diolah oleh hati termasuk ammonia, alkohol, dan bahan-bahan dalam obat.

Namun, ada obat-obatan tertentu yang jika dikonsumsi secara tidak tepat dapat merusak hati, yang dikenal sebagai hepatotoksik.

Kerusakan hati akibat obat sering kali disebabkan oleh penggunaan obat yang berlebihan atau tidak sesuai dengan dosis yang direkomendasikan.

BACA JUGA:3 Pengobatan Alami Ini Bisa Atasi Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Berikut adalah beberapa obat yang dapat menyebabkan kerusakan hati sebagaimana dilansir Raselnews.com dari kanal youtube dr emasuperr

1. Parasetamol

Meskipun sering dianggap aman untuk mengatasi demam dan nyeri, parasetamol bisa merusak hati jika dikonsumsi dalam dosis besar, melebihi 4.000 mg per hari. Penting untuk memperhatikan dosis yang diresepkan oleh dokter.

BACA JUGA:20 Obat Tradisional Penambah Stamina Pria Ini Berbahaya Versi BPOM

2. Aspirin

Obat ini dapat mengurangi rasa nyeri dan demam, namun jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, lebih dari 4.000 mg per hari, aspirin dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Oleh karena itu, konsumsilah aspirin sesuai dosis yang direkomendasikan.

3. Vitamin A

Kelebihan vitamin A dalam tubuh, terutama akibat konsumsi suplemen dalam dosis tinggi, dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan.

BACA JUGA:Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi, Lakukan 7 Alternatif Berikut Ini

4. Tetrasiklin

Antibiotik ini dapat menyebabkan perlemakan hati akut jika diberikan dalam dosis tinggi, terutama melalui infus. Konsumsilah antibiotik sesuai dengan rekomendasi dokter untuk menghindari risiko kerusakan pada hati.

Selain keempat jenis obat di atas, beberapa obat lain juga bisa merusak hati tergantung pada kondisi tubuh, lingkungan, dan kombinasi obat-obatan yang dikonsumsi.

BACA JUGA:Bumbu Masak Ini Berguna Bagi Kesehatan, Ampuh Mengobati 6 Penyakit, Mulai Kudis Hingga Kencing Manis

Penting untuk tidak mengonsumsi obat secara berlebihan dan selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil keputusan terkait penggunaan obat-obatan.

Sumber: