Kencing Darah Jangan Diabaikan, Berikut Penyebab dan Cara Penanganannya

Kencing Darah Jangan Diabaikan, Berikut Penyebab dan Cara Penanganannya

Kencing Darah Jangan Diabaikan, Berikut Penyebab dan Cara Penanganannya -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Tidak semua kasus kencing darah atau hematuria menandakan kondisi yang serius. Pada beberapa kasus infeksi saluran kemih yang ringan, penggunaan antibiotik atau terapi suportif dapat cukup untuk menyembuhkan.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kencing darah. dalam kasus tersebut, biasanya gejala akan mereda setelah penghentian penggunaan obat.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 9 Gejala Awal Kulit Saat Sakit Ginjal

Tetapi, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai, terutama jika terdapat kelainan pada ginjal atau adanya batu ginjal yang dapat menyebabkan luka pada saluran kemih.

Penanganan utama pada kasus ini adalah pengangkatan batu ginjal atau batu di saluran kemih.

Jika kencing darah merupakan tanda adanya keganasan, maka penanganan harus sesuai dengan tingkat keparahan kanker itu sendiri.

Selain itu, jika kencing darah disebabkan oleh trauma seperti kecelakaan, penanganannya harus segera dilakukan untuk menghentikan perdarahan.

BACA JUGA:Penyebab Sakit Kepala Saat Berbaring dan Cara Mengatasinya

Untuk mengetahui penyebab kencing darah, perlu dilakukan beberapa tahap pemeriksaan.

Tahap pertama adalah anamnesis, di mana dokter akan menanyakan keluhan dan riwayat penyakit pasien.

Kemudian, dilakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda nyeri atau jejas pada organ tertentu, serta pemeriksaan organ genital.

Jika masih belum jelas, dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan urin untuk mengetahui seberapa banyak perdarahan yang terjadi, serta pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya infeksi atau gangguan pembekuan darah.

BACA JUGA:Sering Sakit Kepala? Jangan Anggap Sepele, Bisa Saja Anda Mengidap Penyakit Kronis

Jika masih diperlukan, bisa dilakukan pencitraan seperti USG atau MRI, serta uretrosistoskopi untuk melihat langsung ke dalam saluran kemih.

Penting untuk diingat bahwa penanganan kencing darah harus disesuaikan dengan penyebabnya, dan jika ditemukan kelainan pada ginjal, evaluasi fungsi ginjal juga perlu dilakukan.

Jadi, penting untuk melakukan pemeriksaan yang komprehensif untuk menentukan penyebab kencing darah dan penanganannya yang tepat. (and)

Sumber: